Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

News · 8 Feb 2023 10:40 WITA ·

BPS Konut Latih Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2023


 Kepala BPS Konawe Utara, Sitti Maswia saat memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan petugas Susenas Maret Tahun 2023. Foto: Husain Perbesar

Kepala BPS Konawe Utara, Sitti Maswia saat memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan petugas Susenas Maret Tahun 2023. Foto: Husain

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Konawe Utara (Konut) menggelar Pelatihan Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret dan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) tahun 2023. Kegiatan tersebut digelar di salah satu hotel di Kota Kendari mulai dari tanggal 6 sampai dengan 10 Februari 2023.

Kepala BPS Konut, Sitti Maswiah mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi mengenai konsep, definisi dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang digunakan dari setiap tahapan kegiatan pendataan Susenas Maret dan Seruti Tahun 2023.

Peserta pelatihan saat menerima materi. Foto: Husain

“Jadi walaupun ini setiap tahun dilaksanakan, tapi petugasnya harus tetap kita beri pelatihan, karena biasanya ada tambahan item kegiatan. Seperti Susenas kali ini ada tambahan dengan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti)”, jelas Sitti Maswiah.

Lanjut Sitti Maswiah, secara keseluruhan peserta pelatihan petugas Susenas Maret dan Seruti sebanyak 50 orang, yang terdiri dari Mitra BPS sebanyak 38 orang dan 12 orang organik BPS.

Sementara, peserta pelatihan petugas Susenas Maret terdiri dari 33 orang PCL dengan rincian 1 orang dari Organik BPS dan 32 orang Mitra terbaik BPS Konawe Utara. Sedangkan PML berjumlah 17 Orang dengan rincian 11 orang organik BPS dan 6 orang mitra terbaik.

Peserta pelatihan saat menerima materi. Foto: Husain

Kemudian untuk peserta pelatihan petugas Seruti berjumlah 15 orang yang terdiri dari 5 Orang PML yang semuanya adalah Organik BPS dan 10 orang PCL dengan rincian 1 orang Organik BPS dan 9 Orang Mitra BPS.

“Harapannya dengan adanya pelatihan ini agar peserta dapat menerima materi pelatihan dengan baik, kemudian pada saat di lapangan dapat diimplementasikan dengan baik sehingga data yang dihasilkan berkualitas”, harap Maswia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Susenas Maret dan Seruti ini akan dilaksanakan mulai 18 Februari sampai 21 Maret 2023 dengan sampel sebanyak 550 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Konawe Utara.

Pembukaan pelatihan Susenas Maret 2023

“Jadi diperkirakan sebelum bulan suci ramadhan sudah harus selesai pendataannya di lapangan”, ujarnya.

Untuk diketahui, Susenas adalah salah satu sumber data sosial ekonomi yang data diamanfaatkan untuk perencanaan dan evaluasi program pembangunan nasional, perencanaan dan evaluasi program sektoral (Kementerian atau Lembaga) dan penyediaan indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Nawacita.

Penulis: Husain

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Peduli Korban Banjir, PT Tiran Indonesia Bantu 10 Ton Beras di Konut

11 Mei 2024 - 09:00 WITA

Balon Wali Kota Kendari AJP Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Nasdem

27 April 2024 - 14:37 WITA

Golkar Bakal Survei 10 Balon Wali Kota Kendari

17 April 2024 - 09:55 WITA

Minta Restu Maju Pilwali Kendari, Afdhal Sowan ke Muh Endang

17 April 2024 - 08:58 WITA

Tarung Pilgub Sultra, Tina Nur Alam Incar Partai Demokrat

6 April 2024 - 16:58 WITA

Rusak Parah, Jalan Poros Duriaasi Wonggeduku Luput dari Perhatian Pemda Konawe

2 April 2024 - 22:18 WITA

Trending di Daerah