Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 13 Apr 2023 13:12 WITA ·

Warga Desa Parasi Demo PT Generasi Agung Perkasa, Ini Tuntunannya


 Warga Parasi Desa Parasi Demo PT Generasi Agung Perkasa. Foto: Istimewa Perbesar

Warga Parasi Desa Parasi Demo PT Generasi Agung Perkasa. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KONSEL – Kehadiran perusahaan tambang nikel di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Namun, harapan itu berbanding terbalik dengan kenyataan yang dialami masyarakat.

Hanya debu dan dampak lingkungan lingkungan lainnya hanya bisa dinikmati masyarakat. Demikianlah yang dirasakan warga Desa Parasi Kecamatan Palangga Selatan Kabupaten Konsel.

Kondisi itu memicu masyarakat Desa Parasi Kecamatan Palangga Selatan yang tergabung dalam Asosiasi Masyarakat Desa Parasi melakukan aksi demonstrasi menyoal PT Generasi Agung Perkasa.

Kordinator aksi, Adi Mangidi mengungkapkan bahwa PT Generasi Agung Perkasa IUP nya berada di Desa Parasi Kecamatan Palangga Selatan, tetapi kehadirannya bukan memberikan kesejahteraan masyarakat sekitar, tetapi malah membuat masyarakat sengsara.

“Apalagi memiliki dana khusus untuk mengatasi persoalan dampak sosial dan lingkungan. Tetapi terindikasi dana CSR tidak dipergunakan,” kata Adi dalam aksi unjuk rasanya, Rabu, 12 April 2023.

Olehnya itu, Adi mendesak PT PT Generasi Agung Perkasa untuk memberikan kompensasi terkait dampak yang dialami masyarakat, merekrut pekerja, membuat jetty dan smelter, memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dan memberdayakan UMKM Desa Parasi.

“Sampai saat ini, belum ada pernyataan resmi dari pihak PT Generasi Agung Perkasa seperti apa tanggapan pasca didemo,” ungkapnya.(**)

Artikel ini telah dibaca 331 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kades dan Pengurus Apdesi se-Sultra Ikut Sosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2024

18 Mei 2024 - 18:07 WITA

Tak Tunaikan Kewajibannya, Jalan Hauling PT OSS Diblokade

16 Mei 2024 - 23:35 WITA

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Puskesmas Kabaena Timur Sosialisasikan Program P4K

16 Mei 2024 - 11:15 WITA

Infrastruktur Tak Memadai, Perumahan Bumi Praja Residence Tergenang Banjir

15 Mei 2024 - 18:29 WITA

Pemda Konut Terima Bantuan Penanganan Banjir dari BNPB RI

15 Mei 2024 - 11:25 WITA

Dukung Pengurangan Emisi Karbon, DWP Dishut Sultra Tanam Pohon di Kawasan Bendungan Ameroro

11 Mei 2024 - 08:18 WITA

Trending di Daerah