Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 6 Feb 2023 20:21 WITA ·

PT NLS Berhenti Beroperasi, Banyak Masyarakat Kehilangan Pekerjaan


 Situasi di lokasi PT NLS. Foto: Irfan Perbesar

Situasi di lokasi PT NLS. Foto: Irfan

PENAFAKTUAL.COM, BOMBANA – Hingga kini kegiatan pertambangan PT Narayana Lambale Selaras (NLS) belum beroperasi dikarenakan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang beroperasi di kawasan hutan dan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) belum terbit. Hal ini disampaikan Kepala Devisi Keselamatan dan Kesehatan kerja LH K3 Desi Pagala saat di temui diruang kerjanya jumat, 3 Februari 2023.

Menurutnya, Pihak perusahaan saat ini menunggu hasil proses Perpanjangan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang beroperasi di Kawasan Hutan dan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) agar dapat beroperasi kembali. Semoga dapat selesai dalam waktu dekat ini dan kami juga belum dapat pastikan kapan selesainya izin tersebut, karena proses awal perpanjang yang dilakukan pihak perusahaan sejak tahun 2022.

“Pihak perusahaan melakukan proses perpanjang IUP sejak satu tahun sebelum habis masa berlaku IUPnya”, ungkap Desi Pagala.

Dengan tidak beroperasinya PT NLS dapat berdampak besar dimasyarakat, terutama menyangkut perekonomian dan tenaga kerja, sehingga mulai banyak pengangguran akibat dari berhentinya aktivitas pertambangan.

Perusahaan yang bergerak di bidang tambang nikel di wilayah Kabaena Timur ini merincikan kurang lebih 3 sampai 4 Milyar per bulannya uang berputar di wialyah tersebut dan sekitar ratusan karyawan yang diperkerjakan warga lokal tentunya ini sangat berdampak sekali di masyarakat.

Salah seorang Karyawan yang tidak mau dipublis namanya mengatakan dengan berhentinya kegiatan PT NLS sangat berdampak sekali dengan kehidupannya karna kehilangan pekerjaan.

“Sejak tidak adanya kegiatan di perusahaan kami setengah mati untuk memenuhi hidup sehari-hari semoga perusahan dapat beroperasi kembali agar dapat bekerja kembali ia berharap pihak pemerintah dalam hal ini dinas terkait dapat mengeluarkan Izin IPPKH PT.PLS dapat diterbitkan cepat supaya dapat bekerja sebagaimana biasa”, harapnya.

Penulis: Irfan

Artikel ini telah dibaca 163 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat: Hujan Deras Bukan Menjadi Penghalang untuk Tetap Berbagi

9 April 2024 - 17:16 WITA

Kapolresta dan KSOP Kendari Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Nusantara

6 April 2024 - 16:40 WITA

Ketua PPP dan Gerindra Sultra Buka Puasa Bersama, Sinyal untuk Koalisi Pilgub 2024?

6 April 2024 - 13:36 WITA

Rajiun Tumada Target Partai Demokrat pada Perhelatan Pilkada Muna 2024

6 April 2024 - 00:42 WITA

Keuangan Muna Dianggap Defisit, Banggar DPRD Usul Perampingan OPD Saat RDP dengan TAPD

5 April 2024 - 20:20 WITA

Ketua RT/RW di Kelurahan Benuanirae Keluhkan Insentif Belum Dibayar

5 April 2024 - 17:30 WITA

Trending di Daerah