Menu

Mode Gelap
Proses Lelang Diduga Inprosedural, ULP Muna Dilaporkan ke Polda Sultra Ditreskrimsus Polda Sultra Rutin Patroli Siber Jelang Pilkada 2024 Ruas Jalan Haji Latama di Punggolaka Rusak Parah, Warga: Sering Terjadi Kecelakaan DPMD Muna Pastikan Cakades Terpilih Wawesa dan Oensuli Tetap Dilantik DPP Demokrat Resmi Dukung Lukman – La Ode Ida di Pilgub Sultra

News · 29 Jun 2024 13:39 WITA ·

PPK dan Panwascam Lakukan Monitoring Pantarllih di Kelurahan Abeli


 PPK dan Panwascam Lakukan Monitoring Pantarllih di Kelurahan Abeli Perbesar

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Abeli bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Panwaslu Kelurahan / Desa (PKD) melakukan monitoring terhadap proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari, Sabtu, 29 Juni 2024.

“Jadi hari ini kita melakukan Coklit di rumah salah satu warga di Kelurahan Abeli yaitu pak Jumran yang juga terpilih sebagai anggota DPRD Kota Kendari. Kebetulan Pak Jumran juga memberikan suport dengan baik terhadap proses tahapan pelaksanaan Pilkada ini”, kata Muhamad Luthfid Anando Aly Roza selaku ketua PPK Abeli saat memantau pencoklitan di kediaman Bapak Jumran.

Ia mengatakan bahwa aktivitas pencoklitan mulai berjalan sejak 24 Juni hingga dua pekan ke depan. Data dari hasil pencoklitan ini akan menjadi bahan dasar untuk penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“DPS itu dibentuk berdasarkan hasil Pencoklitan. Kemudian dilakukan uji publik, kalau ada yang komplen akan dilakukan perbaikan melalui Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP)”, terangnya.

Selanjutnya dari DPS HP akan menjadi bahan dasar penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Jadi pencoklitan ini untuk mencegah masalah-masalah ke depan berkaitan dengan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) karena Pilkada ini agak sensitif karena bersentuhan langsung dengan kepentingan lokal”, tuturnya.

Lebih lanjut Muhamad Luthfid Anando Aly Roza mengimbau kepada para Pantarllih agar dalam proses pencoklitan selalu mengedepankan aspek etika saat berhadapan dengan masyarakat serta berpakaian rapi dan sopan.

“Kemudian kalau ke rumahnya orang jangan terlalu malam dan jangan terlalu pagi. Jangan juga mengganggu waktu istirahat. Pantarllih ini kan direkrut dari sekitar TPS sehingga sekiranya dalam proses pencoklitan sudah dapat mengenal orang-orang di sekitarnya”, imbaunya.

Selain itu, ia juga berharap kepada masyarakat agar terbuka dan menerima dengan baik kedatangan Pantarllih karena pekerjaan mereka dapat membantu masyarakat menyalurkan hak pilihnya saat Pilkada 27 November nanti.

Di tempat yang sama, Ketua Panwascam Abeli La Ode Nur Bahagia mengatakan bahwa pihaknya turut serta untuk memastikan kegiatan Pantarllih dalam melakukan pencocokan data masyarakat yang akan memilih sekaligus melakukan monitoring di setiap kelurahan.

“Dalam rangka tahapan pencoklitan kami sebagai Panwascam Abeli turut serta untuk memastikan bahwasanya Pantarllih telah melakukan pencocokan data masyarakat”, katanya.

“Tujuannya agar pencoklitan data ini betul-betul sesuai dengan prosedur. Dimana prosedur ini adalah memastikan dokumen-dokumen yang dilakukan oleh Pantarllih telah sesuai dengan data yang sebenarnya”, tukasnya.(hsn)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Raja Konawe Ajak Masyarakat Sultra Teladani Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo

24 Juli 2024 - 10:18 WITA

Peringati HBA ke-64, Kejati Sultra Ziarah di TMP Watubangga

21 Juli 2024 - 11:45 WITA

BKSDA Sultra Sebut Kematian Seekor Anoa Bukan di Lokasi PT SCM

18 Juli 2024 - 18:58 WITA

Terus Lebarkan Sayap, ARM Sultra Kini Bentuk DPC di Kolaka Raya

15 Juli 2024 - 19:24 WITA

DPMD Sultra Fasilitasi Pembentukan dan Pembangunan Kawasan Perdesaan

11 Juli 2024 - 18:31 WITA

LSM Trinusa Sultra Laporkan Dugaan Korupsi Pembangunan Jaringan Irigasi di Butur

11 Juli 2024 - 13:56 WITA

Trending di Hukrim