Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Edukasi · 4 Des 2023 19:38 WITA ·

FISIP UHO Gelar Lomba Debat dan Orasi Ilmiah Bahas Pesta Demokrasi 2024


 Dekan FISIP UHO, Prof Eka Suaib memberikan sambutan pada pembukaan lomba debat dan orasi ilmiah. Foto: Penafaktual.com Perbesar

Dekan FISIP UHO, Prof Eka Suaib memberikan sambutan pada pembukaan lomba debat dan orasi ilmiah. Foto: Penafaktual.com

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menyelenggarakan lomba debat dan orasi ilmiah nasional bertajuk “Politik Gagasan dalam Pesta Demokrasi di Indonesia” di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin, 4 Desember 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 7 kampus antara lain Universitas Mediagama Mahakam Samarinda, Universitas Cenderawasih, Universitas Negeri Padang, Politeknik Ketenagakerjaan, IAIN Kendari, Sekolah Tinggi Sosial Politik Rajahaji Tanjung Pinang dan Universitas Halu Oleo sendiri sebagai tuan rumah. Sedangkan pesertanya berjumlah 22 orang yang terdiri dari 18 peserta lomba debat ilmiah dan 4 peserta orasi ilmiah.

Ketua Panitia Kegiatan, Dr Jopang, M.Si mengatakan lomba debat dan orasi ilmiah nasional ini merupakan salah satu program FISIP UHO khususnya yang berkaitan dengan bidang kemahasiswaan. Program ini merupakan program yang pertama kali diselenggarakan FISIP UHO dan kedepannya akan menjadi program berkelanjutan.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP UHO, Dr Jopang, S.Pd., M.Si., selaku ketua panitia kegiatan saat memberikan sambutan pada pembukaan lomba debat dan orasi ilmiah. Foto: Penafaktual.com

“Program ini sebenarnya untuk memberikan kontribusi pemikiran terkait dengan isu-isu aktual yang berkaitan dengan politik gagasan menjelang pesta demokrasi tahun 2024”, kata Dr Jopang, M.Si., kepada media ini.

Ia mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada segenap civitas akademika khususnya mahasiswa untuk merespon isu-isu yang berkaitan dengan pesta demokrasi serta memberikan solusi bagaimana permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini dalam hal isu-isu yang berkaitan dengan pesta demokrasi tahun 2024.

“Tak kalah pentingnya kegiatan ini sebenarnya juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi diantara mahasiswa se-Indonesia dan untuk membangun pemikiran-pemikiran sinergis diantara mahasiswa yang ada di Indonesia”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam lomba debat dan orasi ilmiah ini pihaknya mengundang juri dari 3 unsur, yaitu Ketua Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Jember, dari Universitas Hasanuddin Makassar dan dari KPU Provinsi Sulawesi Tenggara.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP UHO, Dr Jopang, S.Pd., M.Si., selaku ketua panitia kegiatan lomba debat dan orasi ilmiah. Foto: Penafaktual.com

Selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr Jopang menekankan kepada mahasiswa FISIP UHO agar tidak hanya mengejar IPK tetapi dapat mengembangkan kemampuan soft skill sehingga disamping cerdas secara akademis mahasiswa juga diharapkan bisa mengembangkan soft skill yang ada pada diri mereka berkaitan dengan debat dan orang ilmiah.

“Kita harapkan bahwa dengan orasi dan debat ini dapat merubah mindset mahasiswa bahwa menjadi orator itu tidak hanya sekedar melakukan aksi-aksi di pinggir jalan atau di lapangan tetapi bagaimana soft skill yang dikembangkan melalui debat dan orasi ini bisa membentuk jiwa dan karakter mahasiswa sehingga dalam membangun konstruksi berpikir itu selalu dilakukan dengan cara-cara intelektual”, tukasnya.

Sementara itu, Dekan FISIP UHO Prof Eka Suaib mengatakan bahwa Pemilu 2024 semestinya bukan hanya berbicara tentang elektabilitas, soal figur, dan juga maraknya politik uang tetapi gagasan-gagasan apa yang perlu dimiliki oleh calon-calon pemimpin.

Dekan FISIP UHO, Prof Eka Suaib saat memberikan keterangan pers. Foto: Penafaktual.com

“Jadi memilih pemimpin itu karena aspek-aspek yang lain dan kita liat apa gagasan-gagasannya pada saat mereka berada dalam kontestasi pemilu”, kata Prof Eka.

Ia juga berpesan kepada peserta lomba agar dapat berkompetisi dengan fair dan menjadikan momentum ini sebagai ajang pendidikan politik.

“Dan saya kira kampus itu memang salah satu elemen yang diharapkan mampu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dengan bekerja sama dengan elemen-elemen yang lain”, tukasnya.**)

Artikel ini telah dibaca 73 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

SMPN 1 Loghia Gelar Acara Perpisahan 112 Anak Didiknya

12 Juni 2024 - 12:15 WITA

Momentum Hardiknas 2024, Ini Harapan Aksan Jaya Putra

2 Mei 2024 - 22:16 WITA

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Buka Pendaftaran Jalur UTBK SNBT, UHO Siapkan Kuota 40 Persen

25 Maret 2024 - 23:23 WITA

Trending di Edukasi