Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 2 Des 2022 23:47 WITA ·

Festival Labengki Genjot Promosi Wisata Hingga ke Benua Biru


 Pembukaan Festival Labengki. (Foto: Istimewa) Perbesar

Pembukaan Festival Labengki. (Foto: Istimewa)

PENAFAKTUAL.COM, KONUT – Festival Labengki 2022 resmi dibuka. Acara ini dibuka langsung oleh Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra), Hugua di lapangan sepakbola Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut), pada Jumat, 02 Desember 2022 malam.

Festival Labengki ini digelar selama 3 hari, yaitu 2 sampai 4 Desember 2022. Festival ini merupakan kali kedua setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2021 silam.

Dalam acara pembukaan Festival Labengki ini turut dihadiri, Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Sultra, Andi Syahrir, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 2 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra, La Ode Kaida, Asisten 1 Setda Konut, anggota DPRD Sultra, Sudirman, dan sejumlah pejabat pemangku kebijakan yang lain.

Mewakili Kadis Pariwisata, Andi Syahrir menyampaikan permohonan maaf karena Gubernur Sultra Ali Mazi tak bisa hadir dalam pembukuan Festival Labengki ini karena sedang dinas di luar kota.

“Di Jakarta Ali Mazi meresmikan jembatan anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) diikuti pejabat teras lainnya,” katanya.

Andi Syahrir menjelaskan, Festival Labengki ini sudah dua kali digelar setelah pandemi Covid-19. “Festival Labengki ini untuk membangkitkan sektor pariwisata setelah pandemi Covid-19 melanda,” ungkapnya.

Kata dia, Festival Labengki bakal diisi dengan kegiatan masyarakat, yakni lomba memancing tradisional, balap ketinting, kuliner tradisional dan lomba toilet bersih. Adapula kegiatan tambahan yakni touring jetski dari Kendari ke Labengki yang dilakoni komunitas jetski.

“Touring ini akan dikawal kapal dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal Kendari). Dan terkahir adalah penanaman benih kima,” terangnya.

Di tempat yang sama, Hugua menyebut, kekuatan pariwisata di Pulau Labengki ada di bawah lautnya, terdapat spesies karang dunia seperti di Wakatobi.

Sehingga, Festival Labengki ini akan terdengar hingga ke penjuru Eropa dan negara luar jika promosinya adalah keindahan bawah laut.

“Kalau promosinya ini sejak awal (jauh jauh hari, maka saya yakin banyak orang-orang Eropa (Benua Biru), Amerika, Asia, Afrika banyak sekali akan datang untuk menikmati keindahan bawah laut,” ungkap Hugua.

Setelah memberikan sambutan, Hugua secara resmi membuka Festival Labengki ditandai dengan pemukulan drum bersama pejabat yang hadir.

Acara pembukaan ini ditutup dengan hiburan musik dangdut menghadirkan penyanyi Sarah DA Indosiar.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat: Hujan Deras Bukan Menjadi Penghalang untuk Tetap Berbagi

9 April 2024 - 17:16 WITA

Kapolresta dan KSOP Kendari Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Nusantara

6 April 2024 - 16:40 WITA

Ketua PPP dan Gerindra Sultra Buka Puasa Bersama, Sinyal untuk Koalisi Pilgub 2024?

6 April 2024 - 13:36 WITA

Rajiun Tumada Target Partai Demokrat pada Perhelatan Pilkada Muna 2024

6 April 2024 - 00:42 WITA

Keuangan Muna Dianggap Defisit, Banggar DPRD Usul Perampingan OPD Saat RDP dengan TAPD

5 April 2024 - 20:20 WITA

Ketua RT/RW di Kelurahan Benuanirae Keluhkan Insentif Belum Dibayar

5 April 2024 - 17:30 WITA

Trending di Daerah