Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Edukasi · 9 Nov 2022 08:20 WITA ·

Dua Ketua HMPS di Jurusan Administrasi FISIP UHO Resmi Dilantik


 Dr Jopang saat melantik dua ketua HMPS lingkup jurusan administrasi ilmu administrasi FISIP UHO. (Foto: Istimewa) Perbesar

Dr Jopang saat melantik dua ketua HMPS lingkup jurusan administrasi ilmu administrasi FISIP UHO. (Foto: Istimewa)

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Dr Jopang melantik dua ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) lingkup Jurusan Administrasi periode 2022-2023, Selasa, 8 November 2022 kemarin.

Kedua ketua HMPS yang dilantik yaitu La Ode Muhammad Rizal dan Melisa Novian sebagai ketua dan wakil ketua HMPS Administrasi Negara serta Ryoko Conanta dan Pika Agustina sebagai ketua dan wakil ketua HMPS Administrasi Bisnis.

Sebelumnya, Dr Jopang menjelaskan bahwa ada perubahan struktur kelembagaan mahasiswa di FISIP UHO. Pasca pelantikan Dekan FISIP pada bulan Juli lalu, struktur organisasi di FISIP UHO berubah. Dimana, sebelumnya di FISIP terdiri dari 8 jurusan satu program studi, sekarang berubah menjadi 4 jurusan 9 program studi.

“Karena dengan perubahan jurusan tersebut maka berdampak pula pada struktur lembaga kemahasiswaan. Dulu kita kenal namanya himpunan mahasiswa jurusan (HMJ), sekarang jurusan itu dihilangkan menjadi himpunan mahasiswa program studi atau HMPS. Jadi ada 9 himpunan mahasiswa program studi yang ada di FISIP UHO. Sudah tidak ada lagi HMJ di FISIP”, terang Dr Jopang saat diwawancarai awak media ini.

Lanjutnya, untuk mengefektifkan kelembagaan mahasiswa ini dalam rangka pemberdayaan mahasiswa serta proses menciptakan ruang-ruang edukasi bagi mahasiswa maka HMPS lingkup jurusan administrasi beberapa minggu yang lalu sudah dilakukan proses pemilihan secara demokratis.

“Dan kemarin mahasiswa yang sudah dipilih sebagai pengurus itu dan selaku penanggung jawab di jurusan saya melantik mereka”, terang Jopang, Rabu, 9 November 2022.

Dengan terbentuknya kepengurusan HMPS ini, ia berharap dalam persoalan-persoalan akademik, mahasiswa juga bisa menjadi alat kontrol sehingga dalam pelaksanaan akademik di level jurusan, HMPS bisa menjadi mitra pihak jurusan.

“Sehingga ketika lembaga kemahasiswaan sudah menjadi mitra, alumni juga diharapkan kita dorong untuk menjadi mitra. Semua ini kita bergerak untuk mencapai visi keilmuan yang ada di program studi maupun visi dan misi Fakultas dan Universitas Halu Oleo”, paparnya.

Kemudian, ia menekankan kepada pengurus HMPS yang baru agar ke depan harus senantiasa berkolaborasi dengan jurusan dan  program studi. Oleh karena itu, program-program kerja yang disusun oleh HMPS harus senantiasa melibatkan jurusan dan program studi. Hal dimaksudkan agar program kerja yang akan dilahirkan berorientasi pada pengembangan jurusan.

Misalanya kata Dr Jopang, salah satu kelemahan di jurusan ilmu administrasi ini, mahasiswa dalam mengikuti kompetisi nasional seperti karya tulis ilmiah nasional atau kewirausahaan nasional, serta kegiatan-kegiatan yang levelnya nasional itu masih minim. Olehnya itu, orientasi program kerja HMPS ke depan itu akan didorong kepada hal-hal produktif yang berorientasi ada pengembangan mahasiswa itu sendiri.

“Pengembangan keilmuan tentunya, kewirausahaan dan seterusnya, jadi ini yang harus menjadi fokus kita. Mereka ini kita akan dorong untuk lebih banyak melakukan pelatihan-pelatihan yang orientasinya pada pengembangan diri”, tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua HMPS Administrasi Negara La Ode Muhammad Rizal mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini ia bersama pengurusnya akan segera melakukan rapat kerja (Raker) dan mendorong program kerja yang berkaitan dengan pengembangan program studi maupun jurusan. Olehnya itu, mewakili rekan-rekan pengurus HMPS  menaruh harapan besar kepada pihak program studi dan jurusan agar kiranya bisa berkolaborasi bersama untuk menyukseskan program-program kerja yang akan disusun oleh HMPS pada Raker dalam waktu dekat ini.

“Terselenggaranya semua program kami butuh dukungan dan bimbingan dari orang tua kami yang ada di program studi dan jurusan. Dan Kepada rekan-rekan pengurus HMPS  HMPS Administrasi Negara yang baru saya berharap agar kiranya bisa bersama-sama menjalankan tanggung tanggung jawab sebagai pengurus HMPS dalam satu periode ini”, pungkasnya.

Penulis: Husain

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Dukung Literasi Keuangan, PT Akulaku Finance Indonesia Edukasi Mahasiswa UHO

24 Februari 2024 - 09:01 WITA

FPRB Sultra Terus Intensifkan Penyemprotan Fogging

5 Februari 2024 - 13:45 WITA

FPRB Sultra Terus Galakkan Penyemprotan Fogging

28 Januari 2024 - 06:18 WITA

Puluhan Siswa SMKS Pertambangan Muna Terima Beasiswa PIP

22 Januari 2024 - 21:00 WITA

Prihatin Wabah DBD, FPRB Melakukan Penyemprotan Fogging di Dua Sekolah

20 Januari 2024 - 20:53 WITA

Wujudkan Pemilu Damai, Polda Kalbar Gencar Sosialisasi Anti Hoax

14 Januari 2024 - 20:26 WITA

Trending di Edukasi