Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 3 Nov 2023 13:24 WITA ·

DPRD Sultra Rekomendasikan Rencana Detil Tata Ruang ke Pemda Konkep


 DPRD Sultra memberikan rekomendasikan Rencana Detil Tata Ruang ke Pemda Konkep. Foto: Istimewa Perbesar

DPRD Sultra memberikan rekomendasikan Rencana Detil Tata Ruang ke Pemda Konkep. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Menanggapai aksi demonstrasi ribuan masyarakat Wawonii terkait investasi pertambangan di Pulau Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan, Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Sultra akhirnya mengeluarkan rekomendasi Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) kepada Pemda Kabupaten Konawe Kepulauan.

Ketua Komisi III DPRD Sultra, Suwandi Adi mengatakan, rekomendasi RDTR tersebut merupakan buah dari hasil dialog antara Komisi III dengan massa yang mendatangi kantor DPRD Sultra pada Selasa, 31 Oktober 2023.

“Masyarakat Wawonii menghendaki agar investasi pertambangan dan investasi lain tetap ada di Wawonii, juga meminta agar kegiatan operasional PT GKP diaktifkan kembali, karena memberi manfaat positif dan menyokong perekonomian masyarakat. Karena itu, kami menjanjikan untuk membuat rekomendasi RDTR. Karena itu kami memberikan rekomendasi itu,” ujar Suwandi.

Dalam surat rekomendasi bernomor 100.2.2.1/479, disebutkan Bahwa menindaklanjuti petitum yang diajukan oleh Perhimpunan Mahasiswa Masyarakat Wawonii (PMWM) yang mendesak Pemprov Sultra, untuk tetap memasukan ruang pertambangan di Kabupaten Konkep, dalam barang tubuh RTRW Provinsi Sultra.

Karenanya, dalam surat rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh, DPRD Provinsi Sultra merekomendasikan kepada pemda Konkep untuk memasukan RDTR (rencana detail tata ruang) wilayah Kabupaten Konkep, sebagai daerah pertambangan untuk menjadi bahan pertimbangan dan kajian dalam pembahasan revisi RTRW Provinsi Sultra.

Andiman, Jenderal Lapangan PMWM, mengapresiasi surat rekomendasi yang dikeluarkan DPRD Provinsi Sultra. Menurut dia, DPRD memenuhi janji mereka sebagaimana dialog yang terjadi antara Massa demonstean dan Ketua Komisi III DPRD Sultra.

“Surat rekomendasi ini, akan kami teruskan dan sampaikan kepada Pemda Konawe Kepulauan”, terang Andiman.(**)

Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Polda Sultra Komitmen Wujudkan Seleksi yang Bersih dan Transparan

26 Februari 2024 - 13:03 WITA

KSOP Kendari Mediasi Pelaku Usaha Pasir dengan ESDM Sultra

23 Februari 2024 - 14:16 WITA

Jumat Curhat, Kapolsek Wolasi Edukasi Pelajar SD

23 Februari 2024 - 11:52 WITA

Raih Suara Terbanyak, Fadhal Rahmat Tunaikan Janjinya Perbaiki Jalan Jambu

22 Februari 2024 - 15:32 WITA

Empat Hari Pasca Pemilu, Arus Balik di Pelabuhan Tampo Masih Padat

18 Februari 2024 - 15:28 WITA

Lima TPS di Kendari Bakal Dilakukan PSU

18 Februari 2024 - 10:27 WITA

Trending di Daerah