Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Edukasi · 9 Des 2022 12:59 WITA ·

Dosen Pendidikan Sejarah UHO Beri Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Semester Akhir


 Dosen Pendidikan Sejarah UHO memberikan pelatihan penggunaan aplikasi mendeley bagi mahasiswa semester akhir. (Foto: Husain) Perbesar

Dosen Pendidikan Sejarah UHO memberikan pelatihan penggunaan aplikasi mendeley bagi mahasiswa semester akhir. (Foto: Husain)

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dosen Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Mandeley kepada mahasiswa pendidikan sejarah, Kamis, 8 Desember 2022.

Pelatihan yang digelar di aula FKIP UHO itu  diikuti oleh puluhan mahasiswa pendidikan sejarah semester 5 dan semester 7.

Adapun dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Dr. Jamiludin, M.Hum, Prof. Dr  Anwar, M.Pd., Dr. Darnawati, M.Pd., dan Drs La Batia, M.Pd.

Ketua tim kegiatan, Dr Jamiludin, M.Hum mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan  Program Kemitraan Masyarakat Internal FKIP (PKMI-FKIP) sebagai upaya memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah, karya tulis ilmiah (KTI) dan skripsi.

Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta diberikan pemahaman terkait dengan penggunaan aplikasi mandeley sehingga memudahkan dalam proses penulisan daftar pustaka pada karya tulis ilmiah yang baik sesuai dengan peraturan keilmuan yang berlaku.

Puluhan mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UHO mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi mendeley. (Foto: Husain)

Tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa tentang teknik dan tata cara membuat daftar pustaka dan sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam penulisan karya tulis ilmiah.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada mahasiswa tentang perkembangan karya tulis dan memberikan ide-ide baru tentang seluk-beluk dalam membuat karya tulis. Harapannya, dengan bekal tersebut peserta dapat lebih mudah menyelesaikan tugas akhir”, jelas Dr Jamiludin.

Mendeley merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk membuat sitasi (bodynote dan daftar pustaka) secara otomatis. Perangkat lunak Mendeley saat ini tersedia dalam dua versi, desktop edition dan institutional edition atau website.

Dengan diadakannya pelatihan karya tulis ilmiah tersebut mahasiswa dapat lebih mengenal mengenai tata cara dan sistematika dalam penulisan daftar pustaka karya tulis ilmiah, dan diharapkan mahasiswa dapat lebih termotivasi dan semangat lagi untuk menulis karya tulis ilmiah khususnya dalam menyelesaikan tugas akhir.

Puluhan mahasiswa sedang mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi mendeley. (Foto: Husain)

“Jadi, ketika keluar dari ruangan ini peserta sudah memiliki rencana tulisan yang akan dibuat pada tugas akhir. Karena peserta pelatihan ini adalah mahasiswa angkatan yang tidak lama lagi akan menulis skripsi”, kata Dr Jamiludin yang juga menjabat sebagai Dekan FKIP itu.

“Banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas akhir. Biasanya dia selesaikan mata kuliah tepat waktu tapi terhambat di tugas akhir. Mata kuliah dia selesai dalam waktu 3 tahun, tapi saat dia mulai membuat tugas akhir dia terhambat sehingga sampai 5 tahun atau bahkan sampai DO atau dekat waktu DO baru dia selesai”, bebernya.

Oleh karena itu, pelatihan ini tidak berhenti sampai di sini saja tetap akan dipantau dalam pembuatan proposal penelitian atau skripsi.

Penulis: La Ode Husain

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Dukung Literasi Keuangan, PT Akulaku Finance Indonesia Edukasi Mahasiswa UHO

24 Februari 2024 - 09:01 WITA

FPRB Sultra Terus Intensifkan Penyemprotan Fogging

5 Februari 2024 - 13:45 WITA

FPRB Sultra Terus Galakkan Penyemprotan Fogging

28 Januari 2024 - 06:18 WITA

Trending di Edukasi