Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Daerah · 5 Mei 2023 13:03 WITA ·

Cara Unik Kanwil Kemenkumham Sultra Bina Kebugaran Sekaligus Lestarikan Kekayaan Intelektual


 Jajaran pejabat dan pegawai Kanwil Kemenkumham Sultra melaksanakan tarian lulo. Foto: Istimewa Perbesar

Jajaran pejabat dan pegawai Kanwil Kemenkumham Sultra melaksanakan tarian lulo. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama seluruh satuan kerja di jajarannya melaksanakan tarian lulo secara serentak di Kantor masing-masing, Jumat, 5 Mei 2023. Pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk melestarikan kekayaan intelektual komunal yang ada di Sulawesi Tenggara sekaligus untuk menjaga kebugaran pegawai.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra), Silvester Sili Laba, melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim, mengajak seluruh jajarannya untuk selalu melestarikan budaya tradisional masyarakat Sultra.

“Karya apapun itu yang kita lakukan ada kaitannya dengan kekayaan intelektual. Adapun kreasi yang kita lakukan itu masuk dalam kekayaan intelektual dan untuk membuktikan itu harus tetap kita budayakan secara berkesinambungan,” ajak H Muslim.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk pembinaan jasmani bagi pegawai dan juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Kegiatan yang dilaksanakan ini pada dasarnya adalah kegiatan pembinaan dan di Kementerian Hukum dan HAM itu ada pembinaan terhadap pegawai dan ada juga pembinaan terhadap warga binaan. Tadi kita Lulo bersama itu sebagai salah bentuk pembinaan fisik kebetulan itu juga masih rangkaian dari ulang tahun Pemasyarakatan karena selama bulan suci Ramadan ini pembinaan fisik kita kurangi karena lagi pelaksanaan ibadah puasa. Jadi setelah lebaran ini kita laksanakan secara serentak di Lapas/Rutan kita juga laksanakan secara bersama-sama antara pegawai dan warga binaan,” jelasnya.

Dia berharap seluruh jajarannya sehat secara jasmani dan juga rohani agar selalu produktif dan bersemangat dalam pelaksanaan tugas.

“Harapannya dengan terlaksananya kegiatan ini kita semua bisa kuat jasmani dan rohani,” tutupnya.

Untuk diketahui, tarian lulo merupakan tarian tradisional masyarakat Suku Tolaki Sulawesi Tenggara yang telah didaftarkan sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) melalui Kanwil Kemenkumham Sultra beberapa waktu lalu.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Demi Kendari BISA, AJP-ASLI Siap Berkorban Tenaga, Pikiran, hingga Harta

17 Juni 2024 - 20:38 WITA

Khutbah di Konawe, Lukman Abunawas Sampaikan Makna Idul Adha

17 Juni 2024 - 20:22 WITA

Lukman Abunawas Lepas Jenazah Kader PDI-P Sultran Simon Palloan ke Tanah Toraja

16 Juni 2024 - 09:48 WITA

Bantah Tudingan Manipulasi Data Siswa, Begini Penjelasan SMPS Islam Terpadu Muna Bakti

15 Juni 2024 - 16:51 WITA

Reaksi Kemenhub Soal Tumpahan Ore Nikel di Perairan Labengki

14 Juni 2024 - 22:23 WITA

Bupati Konkep Apresiasi Polda Sultra Sediakan Kuota Bintara Polri Tiap Kabupaten

14 Juni 2024 - 15:34 WITA

Trending di Daerah