Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

News · 2 Jul 2023 21:32 WITA ·

Bina Keakraban, BEM ITBKM Mubar Gelar Kemah Bakti Sosial


 Mahasiswa ITBKM Mubar membersihkan Pantai Pajala. Foto: Istimewa Perbesar

Mahasiswa ITBKM Mubar membersihkan Pantai Pajala. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, MUBAR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah (ITBKM) Muna Barat (Mubar) gelar kemah bakti sosial di Pantai Pajala, Desa Pajala, Kecamatan Maginti. Kegiatan berlangsung selama 2 hari (01/07/2023) hingga Minggu, (02/07/2023).

Kemah Bakti Sosial ini diikuti oleh puluhan mahasiswa bersama perwakilan birokrasi kampus ITBKM Mubar dengan tujuan mempererat ikatan kekeluargaan antar mahasiswa, maupun mahasiswa dengan birokrasi. Selain itu juga, demi untuk menunjukkan eksistensi kampus ITBKM Mubar di masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan selain untuk mempererat ikatan kekeluargaan mahasiswa ITBKM Mubar, di sisi lain sebagai upaya untuk menunjukkan eksistensi ITBKM Mubar di masyarakat dengan mengadakan bakti sosial, “ungkap La Faris selaku Ketua BEM ITBKM Mubar.

Mahasiswa ITBKM Mubar membersihkan Pantai Pajala. Foto: Istimewa

Dr. Rasid, M.Pd yang turut hadir pada kegiatan itu juga mengungkapkan Kema bakti sosial dapat mengikat keakraban dosen dan staf bersama mahasiswa.

“Kegiatan kemah bakti sosial dapat mengikat keakraban dosen dan staf bersama mahasiswa. Paling tidak dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa bukan hanya mempelajari ilmu akademik, tetapi juga soft skill berupa perilaku atau adab dalam menempuh jenjang pendidikan S1,”tutur Dr. Rasid, M.Pd yang juga merupakan Wakil Rektor 1 ITBKM Mubar.

Jalannya kegiatan, peserta Kemah Bakti Sosial mendirikan kemah dan bermalam di Pantai Pajala pada Sabtu malam. Minggu paginya peserta memulai aktivitas dengan malaksanakan senam pagi. Lalu diikuti dengan melakukan pembersihan di sepanjang area pantai.

Usai membersihkan pantai, mahasiswa juga melaksanakan bincang-bincang sesaat bersama warga sekitar. Perwakilan warga, La Ode Nurul berharap kepada pemerintah Kabupaten Mubar, akses jalan menuju pantai agar dapat diaspal.

“Maunya jalan masuk ke sini itu di aspal, biar tambah banyak pengunjung yang datang,” ungkap La Ode Nurul.

Tak mau kalah Bapak Saiman yang merupakan petugas kebersihan area Pantai Pajala menyelipkan beberapa aspirasi kepada mahasiswa agar sistem pengelolaan kawasan Wisata Pantai Pajala dibenahi.

“Bagusnya penggunaan karcis masuk diberlakukan, supaya tidak terjadi pungli kepada pengunjung, seperti yang sudah terjadi selama ini,” terang Bapak Saiman.

Bapak Saiman juga berharap kepada pemerintah dapat menaikan honor petugas kebersihan Pantai Pajala. Perlu diketahui, Pak Saiman sejauh ini digaji oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Muna Barat sebesar Rp600 ribu / bulannya.(**)

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Peduli Korban Banjir, PT Tiran Indonesia Bantu 10 Ton Beras di Konut

11 Mei 2024 - 09:00 WITA

Balon Wali Kota Kendari AJP Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Nasdem

27 April 2024 - 14:37 WITA

Golkar Bakal Survei 10 Balon Wali Kota Kendari

17 April 2024 - 09:55 WITA

Minta Restu Maju Pilwali Kendari, Afdhal Sowan ke Muh Endang

17 April 2024 - 08:58 WITA

Tarung Pilgub Sultra, Tina Nur Alam Incar Partai Demokrat

6 April 2024 - 16:58 WITA

Rusak Parah, Jalan Poros Duriaasi Wonggeduku Luput dari Perhatian Pemda Konawe

2 April 2024 - 22:18 WITA

Trending di Daerah