Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Politik · 11 Des 2022 09:18 WITA ·

Amran Sulaiman Ditemui Sejumlah Tokoh Politik Nasional Selama Satu Tahun Terakhir


 Pertemuan Andi Amran Sulaiman dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Empang Panaikang Kawasan Tello Kota Makassar. Foto. Istimewa  Perbesar

Pertemuan Andi Amran Sulaiman dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Empang Panaikang Kawasan Tello Kota Makassar. Foto. Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, MAKASSAR – Selepas menjabat Menteri Pertanian (Mentan) periode 2014-2019 dan kini fokus mengembangkan bisnisnya, Andi Amran Sulaiman (AAS) selaku owner Tiran Group tetap menjalin silaturahim dengan berbagai tokoh elite politik nasional, pengusaha, teknokrat dan akademisi nasional.

Hari ini, (Sabtu, 10 Desember 2022) Andi Amran Sulaiman menerima kunjungan silaturahmi mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sekaligus menyiapkan jamuan makan siang bersama di Empang milik Andi Amran Sulaiman yang berada di Panaikang Kawasan Tello Kota Makassar.

Pertemuan antara dua tokoh nasional itu dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan. Turut hadir juga perwakilan tokoh-tokoh nasional asal Sulawesi diantaranya H.Tamsil Linrung (anggota DPD RI), H. Ahmad HI Ali (anggota DPR RI) bersama sejumlah pengurus Partai Nasdem, para tokoh akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Sulsel, para aktivis dari berbagai Ormas, para sahabat AAS dan sejumlah tokoh lainnya serta para relawan dan simpatisan Anies Baswedan.

Pertemuan dua mantan menteri Joko Widodo itu berlangsung meriah dan penuh keakraban. Anies dan Amran Sulaiman pernah sama-sama jadi menteri kebinet Indonesia Kerja era Jokowi-Jusuf  Kalla.

Anies menjabat Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2014-2016, sementara Amran dipercaya Menteri Pertanian periode 2014-2019.

Sebelumnya, Andi Amran Sulaiman telah beberapa kali bertemu dengan sejumlah tokoh politik nasional dalam satu tahun terakhir ini. Tercatat, Andi Amran Sulaiman pernah dua kali bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, pertama mereka bertemu dalam sebuah acara perkawinan dan kedua, Ganjar Pranowo bertemu kembali dengan Andi Amran Sulaiman dalam rangka penandatanganan MoU antara IKA Unhas dan Kagama UGM yang berlangsung di Gedung AAS Building Jalan Urip Sumoharjo Kota Makassar Jumat, 6 Mei 2022 lalu.

Andi Amran Sulaiman juga pernah menerima kunjungan Anies Baswedan di kantornya AAS Building pada 22 Januari 2022 lalu, usai menghadiri acara mappacci dan akad nikah putra dari Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurdin Halid.

Demikian pula dengan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin juga bertamu Andi Amran Sulaiman pada hari terakhir kunjungannya di Kota Makassar, Rabu, 2 Maret 2022 lalu di Gedung AAS Building.

Lalu, pada Jumat, 11 November 2022, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama istri juga sempat bersilaturahim dengan Andi Amran Sulaiman di kantornya, Gedung AAS Building Makassar.

Demikian pula dengan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng yang bersilaturrahim menemui Andi Amran Sulaiman di Gedung AAS Building, Jumat, 18 Februari 2022 lalu.

Selain itu, Andi Amran juga pernah menerima kunjungan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria dan tokoh Partai Gelora Fahri Hamzah.

Menggapi hal tersebut, Akademisi dan pengamat Politik Adi Suryadi Culla menilai kunjungan silaturahim tokoh elite politik nasional dari lintas partai tersebut mempertegas bila sosok Andi Amran Sulaiman merupakan seorang tokoh negarawan yang sangat terbuka menerima siapa pun yang mengunjunginya.

“Ini menandakan Andi Amran Sulaiman tidak tersekat dalam kotak berbagai kepentingan politik jangka pendek. Tapi telah menapak bingkai lebih besar yakni kepentingan bangsa dan negara”, ujarnya, Kamis, 8 Desember 2022.

Menurutnya, memang Andi Amran Sulaiman telah dikenal sebagai tokoh yang dekat dengan elite-elite politik dari lintas partai, para pengusaha nasional, rektor universitas ternama, teknokrat serta akademisi dari beragam ilmu.

“Ini tidak terlepas dari sosok Andi Amran Sulaiman yang dinilai sebagai figur yang sangat berpengaruh di Kawasan Indonesia Timur (KTI). Sebagai tokoh Sulsel, Andi Amran Sulaiman sangat terbuka menerima berbagai kunjungan silaturahmi berbagai tokoh nasional. Kelas Andi Amran adalah kelas seorang negarawan”, pungkasnya.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Maju Pilkada Muna, Abdul Muslim Siap Tinggalkan Jabatan di Kemenpora

25 Februari 2024 - 21:48 WITA

Golkar Optimis Rebut Kursi Pimpinan di DPRD Sultra

20 Februari 2024 - 13:14 WITA

Real Count KPU, Berikut Peraih Suara Enam Besar DPRD Sultra Dapil Muna-Mubar-Butur

17 Februari 2024 - 19:45 WITA

Hasil Real Count Pileg DPRD Sultra Dapil I, AJP Raih Suara Terbanyak

16 Februari 2024 - 22:26 WITA

Masa Tenang, Ketua Bappilu Golkar Sultra Imbau Caleg Patuhi Aturan

10 Februari 2024 - 22:26 WITA

Parlemen Negara Sahabat Pantau Pemilu di Indonesia

9 Februari 2024 - 23:08 WITA

Trending di News