Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Edukasi · 22 Okt 2023 15:56 WITA ·

AJP Tanamkan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Siswa SMAN di Kendari


 Aksan Jaya Putra (AJP) menggelar sosialisasi pembinaan ideologi dan wawasan kebangsaan kepada siswa SMAN di Kendari. Foto: Istimewa Perbesar

Aksan Jaya Putra (AJP) menggelar sosialisasi pembinaan ideologi dan wawasan kebangsaan kepada siswa SMAN di Kendari. Foto: Istimewa

 

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Anggota Komisi II DPRD Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Aksan Jaya Putra (AJP) kembali menggelar sosialisasi pembinaan ideologi dan wawasan kebangsaan di SMAN 7 dan SMAN 10 Kendari, Sabtu, 21 Oktober 2023.

AJP membekali siswa-siswi dengan materi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Menurut Ketua Fraksi Golkar DPRD Sultra itu, para pelajar tersebut perlu memahami pilar kebangsaan secara mendalam dan menanamkan nasionalisme sejak dini.

“Sosialisasi pemahaman ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya kaum muda terkait dengan empat pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata AJP.

Pada sosialisasi ini, AJP juga menekankan soal pentingnya generasi bangsa Indonesia untuk memahami empat pilar kebangsaan.

Dimana, empat pilar kebangsaan ini sangat penting untuk dipelajari dan diingat, lebih-lebih diaplikasikan nilai-nilainya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Seluruhnya sangat penting sebagai dasar dan ideologi negara, konstitusi negara, bentuk negara, dan juga semboyan negara. Empat pilar itu merupakan hal yang paling ampuh untuk mencegah perbuatan yang negatif, seperti penyalahgunaan narkoba, mengonsumsi alkohol, tawuran maupun menangkal radikalisme, karena mampu melindungi nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Ia pun berharap sosialisasi ini dapat memberi ilmu baru bagi para siswa tentang kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Dengan demikian, generasi penerus bangsa dapat mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Jika empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan kumpulan nilai-nilai luhur bisa dijalankan dalam kehidupan masyarakat terutama pada generasi muda. Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan maka kita telah berupaya untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” pungkas Ketua DPD Ormas MKGR Sultra itu.

Sementara itu, Kepala SMAN 10 Kendari, Ladiama mengapresiasi kegiatan pemahaman ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh AJP karena merupakan sesuatu yang esensial dalam memperkokoh semangat persatuan bangsa dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, terutama bagi kaum milenial dan generasi muda saat ini.

“Semakin merosotnya pengetahuan tentang nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika membuat nilai-nilai itu menjadi asing. Semoga dengan mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, para siswa bisa menumbuhkan semangat nasionalisme, patriotisme, pancasila, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan serta bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk di sekolah,” kata Ladiama.

Hal yang sama dikatakan Kepala SMA Negeri 7 Kendari, La Ode Muhammad Sauf. Kata Sauf, materi sosialisasi pemahaman ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan bagi siswa.

“Kami berterima kasih pak Aksan memilih sekolah kami untuk datang sosialisasi pemahaman ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan. Tepat rasanya anak didik kami untuk lebih jauh memahami dan memaknai, supaya terhindar dari perilaku menyimpang,” imbuhnya.(**)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Momentum Hardiknas 2024, Ini Harapan Aksan Jaya Putra

2 Mei 2024 - 22:16 WITA

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Buka Pendaftaran Jalur UTBK SNBT, UHO Siapkan Kuota 40 Persen

25 Maret 2024 - 23:23 WITA

Dukung Literasi Keuangan, PT Akulaku Finance Indonesia Edukasi Mahasiswa UHO

24 Februari 2024 - 09:01 WITA

Trending di Edukasi