Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 17 Jun 2023 16:37 WITA ·

PLN NP UPDK Kendari Bersama Komunitas Pecinta Alam Bersih-bersih Sampah di Pantai Wawobungi


 PLN NP UPDK Kendari bersama komunitas pecinta alam membersihkan sampah di Pantai Wawobungi. Foto: Istimewa
Perbesar

PLN NP UPDK Kendari bersama komunitas pecinta alam membersihkan sampah di Pantai Wawobungi. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KONAWE – Dalam rangkaian memperingati hari lingkungan hidup sedunia dan hari laut sedunia, PT PLN Nusantara Power (NP) UPDK Kendari dan PT PJB services PLTU Nii Tanasa mengajak beberapa komunitas untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di pesisir Wawobungi.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat desa Wawobungi bersama Yayasan Anak Pantai Sejahtera, Giant Clam Consevation Toli Toli Labengki, Bank Sampah Naturevolution Indonesia, Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Lalonggasumeeto (HIPPMALA) dan Komunitas Pecinta Alam dari berbagai kampus di Sulawesi Tenggara.

Adapun stakeholder yang hadir dalam kegiatan ini yaitu dari Dinas lingkungan Hidup kabupaten Konawe, Anggota DPRD Kabupaten Konawe dan pemerintahan setempat serta Tokoh masyarakat. Mereka bersama sama melaksanakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan dari sampah plastik yang ada pantai dan pemukiman di Desa Wawobungi.

Dengan mengangkat tema “Aksi Pesisir Bersih”, ajang ini diharapkan menjadi aksi kolaborasi untuk generasi muda untuk lingkungan yang lebih baik dan sehat. Kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat serta beberapa komunitas pecinta lingkungan ini diharapkan menjadi ajang edukasi kepada masyarakat sekitar yang bermukim di daerah pesisir untuk tetap menjaga lingkungan. Pesisir Wawobungi dipilih karena Desa ini berada di pemukiman yang padat penduduk dan memiliki pantai yang digunakan oleh nelayan untuk beraktifitas.

Manajer PLN NP UPDK Kendari, Muh Rusli Sain mengungkapkan bahwa kegiatan ini sifatnya gotong royong oleh masyarakat dan berbagai komunitas sehingga kebersamaan untuk menjaga lingkungan sangat diharapkan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Pesisir Wawobungi ini sangat terdampak oleh sampah plastik dari masyarakat maupun dari industri”, katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini juga diadakan edukasi pemilahan sampah dan pemasangan baliho ajakan untuk tidak membuang sampah di laut.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar membersihkan kawasan pesisir semata tetapi yang terpenting adalah memberikan edukasi kepada masyarakat dan generasi masa depan untuk tetap menjaga laut dan kawasan pesisir dari gangguan sampah”, tuturnya.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan organisasi bank sampah untuk menjadi solusi sampah plastik agar terkelola dengan baik. Bank sampah ini nantinya akan kerjasama dengan masyarakat untuk mengelolah sampah plastik yang ada. Dengan pelibatan kelompok masyarakat dan bank sampah, dinilai akan mempercepat proses penanganan persoalan sampah plastik yang ada saat ini ada.

Untuk diketahui, PLN Nusantara Power UPDK Kendari bersama PJB Services PLTU Nii Tanasa selalu berkolaborasi untuk memberikan pendampingan untuk aksi-aksi menjaga lingkungan di sekitar wilayah PLTU Nii Tanasa. Semua sangat untuk lingkungan yang lebih baik jika dilaksanakan secara bersama-sama dan penuh kesadaran.(**)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat Berikan Bantuan Mesin Air di Lorong Jambu

19 Mei 2024 - 20:40 WITA

Kades dan Pengurus Apdesi se-Sultra Ikut Sosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2024

18 Mei 2024 - 18:07 WITA

Tak Tunaikan Kewajibannya, Jalan Hauling PT OSS Diblokade

16 Mei 2024 - 23:35 WITA

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Puskesmas Kabaena Timur Sosialisasikan Program P4K

16 Mei 2024 - 11:15 WITA

Infrastruktur Tak Memadai, Perumahan Bumi Praja Residence Tergenang Banjir

15 Mei 2024 - 18:29 WITA

Pemda Konut Terima Bantuan Penanganan Banjir dari BNPB RI

15 Mei 2024 - 11:25 WITA

Trending di Daerah