Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 30 Jan 2024 20:29 WITA ·

Pembangunan Rampung, Bendungan Ameroro Bakal Diresmikan Presiden Jokowi


 Bendungan Ameroro di Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa Perbesar

Bendungan Ameroro di Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Ameroro di Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah rampung seratus persen dan siap untuk diresmikan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Ameroro, Ryan Rizaldi Oemar mengatakan pembangunan proyek tersebut sudah rampung sejak akhir Desember 2023 lalu.

“Pekerjaan pembangunan Bendungan Ameroro sudah selesai seratus persen sejak akhir Desember 2023, baik bendungan utama, maupun bangunan pelengkap lainnya,” kata Ryan, Selasa, 30 Januari 2024.

Ryan mengungkapkan, saat ini di lokasi bendungan sedang dilakukan proses pemeliharaan oleh pihak penyedia jasa.

“Saat ini pekerjaan berlangsung proses pemeliharaan, karena memang selain kontrak yang dimulai pada akhir 2019 sampai akhir 2023 itu ada kewajiban penyedia jasa untuk memelihara bangunan tersebut selama 365 hari atau satu tahun, jadi sekarang itu sedang masa-masa pemeliharaan,” jelasnya.

Terkait informasi beredar yang menyebut pembangunan Bendungan Ameroro molor dari target, dengan tegas Ryan membantah hal tersebut. Pembangunan proyek itu, kata dia, sudah sesuai dengan jadwal.

“Selama ini kan memang banyak berita beredar bahwa akan diresmikan akhir Tahun 2023. Nah berdasarkan berita yang banyak beredar itu, jadinya masyarakat mengartikan sendiri kenapa kok belum diresmikan, dan akhirnya beranggapan ini molor. Padahal kam tidak. Kami sudah selesaikan akhir Desember 2023 sesuai target,” jelasnya.

Terkait kapan peresmian bendungan, Ryan mengaku belum mendapat jadwal pasti. Sebab bendungan itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Namun yang jelas, bendungan sudah siap untuk diresmikan.

“Rencana memang Presiden yang akan meresmikan tapi jadwalnya kami belum tahu,” katanya.

“Kalau dalam urutan peresmian PSN khususnya bendungan, Bendungan Ameroro itu urutan ke lima untuk diresmikan setelah beberapa bendungan lain di Indonesia,” pungkasnya.(ceng)

Artikel ini telah dibaca 121 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Hari Buku Sedunia, Ruksamin: Gemar Membaca Buku Menstimulus Ide dan Kreativitas

23 April 2024 - 20:19 WITA

KSOP Kendari Mediasi Masyarakat Pulau Cempedak dengan Pemilik Kapal

18 April 2024 - 09:45 WITA

Fadhal Rahmat: Hujan Deras Bukan Menjadi Penghalang untuk Tetap Berbagi

9 April 2024 - 17:16 WITA

Kapolresta dan KSOP Kendari Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Nusantara

6 April 2024 - 16:40 WITA

Ketua PPP dan Gerindra Sultra Buka Puasa Bersama, Sinyal untuk Koalisi Pilgub 2024?

6 April 2024 - 13:36 WITA

Rajiun Tumada Target Partai Demokrat pada Perhelatan Pilkada Muna 2024

6 April 2024 - 00:42 WITA

Trending di Daerah