Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 30 Des 2023 18:36 WITA ·

Panwaslu Pasikolaga Bakal Rekrut PTPS Pemilu 2024 yang Tangguh dan Berintegritas


 Ketua Panwaslu Pasikolaga, Basrin Toona. Foto: Istimewa
Perbesar

Ketua Panwaslu Pasikolaga, Basrin Toona. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, MUNA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pasikolaga, Kabupaten Muna bakal rekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk mengawasi pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024.

Ketua Panwaslu Pasikolaga, Basrin Toona mengatakan tahapan pemungutan suara akan segera dilaksanakan dan PTPS bakal dibentuk untuk menjadi ujung tombak pengawas pemilu.

Perekrutan PTPS akan disiapkan dan dilaksanakan secara tepat dan efisien sesuai aturan agar setiap PTPS mampu bekerja dengan baik.

“PTPS sebagai ujung tombak dan garda terdepan yang akan memegang peran krusial dalam mengawasi pemilu, khususnya pada tahapan perhitungan suara sebagai inti dari pelaksanaan pemilu, sehingga dibutuhkan PTPS yang tangguh dan berintegritas untuk mencegah pelanggaran dan bisa mengatasi persoalan kedepannya,” kata Basrin, Sabtu, 30 Desember 2023.

“Perekrutan PTPS dilaksanakan sesuai UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Perbawaslu 4 tahun 2022 dan Juknis Nomor : 504/ KP.01/K1/12/2023 tentang Pembentukan, Pemberhentian dan Penggantian Antar Waktu Pengawas Pemilu,” sambungnya.

Lanjut Basrin, jadwal pembentukan PTPS akan dimulai dengan pengumuman dan pendaftaran di awal Januari 2024 dan syarat untuk pendaftaran sudah terdapat perubahan dari sebelum-sebelumnya, bahkan dipermudah oleh regulasi terbaru.

“Tanggal 2-6 Januari 2024 dimulai pendaftaran PTPS dan syaratnya berubah, mulai dari usia dari 25 tahun menjadi 21 tahun, kemudian surat keterangan berbadan sehat dari puskesmas sudah tidak diperlukan, cukup mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran PTPS,” ujarnya.

Untuk itu, Basrin mengajak masyarakat yang ingin menjadi PTPS di Kecamatan Pasikolaga pada Pemilu 2024 untuk segera mengambil formulir dan mendaftarkan diri di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Pasikolaga.

“Kami ajak masyarakat yang berdomisili di Pasikolaga, bila ingin mendaftar, segera mengambil dan menyetorkan formulir pendaftaran di Sekretariat kami sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Terakhir, Basrin mengungkapkan bahwa pihaknya bakal merekrut 13 orang untuk menjadi PTPS di Kecamatan Pasikolaga yang akan ditugaskan di setiap TPS yang ada di Kelurahan dan Desa.

“Kami akan rekrut PTPS untuk di Tampunabale sebanyak 3 orang, Kolese 3 orang, Mataindaha 3 orang, dan Lambelu 4 orang,” tutupnya.(san)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat: Hujan Deras Bukan Menjadi Penghalang untuk Tetap Berbagi

9 April 2024 - 17:16 WITA

Kapolresta dan KSOP Kendari Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Nusantara

6 April 2024 - 16:40 WITA

Ketua PPP dan Gerindra Sultra Buka Puasa Bersama, Sinyal untuk Koalisi Pilgub 2024?

6 April 2024 - 13:36 WITA

Rajiun Tumada Target Partai Demokrat pada Perhelatan Pilkada Muna 2024

6 April 2024 - 00:42 WITA

Keuangan Muna Dianggap Defisit, Banggar DPRD Usul Perampingan OPD Saat RDP dengan TAPD

5 April 2024 - 20:20 WITA

Ketua RT/RW di Kelurahan Benuanirae Keluhkan Insentif Belum Dibayar

5 April 2024 - 17:30 WITA

Trending di Daerah