Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Politik · 24 Mei 2024 23:12 WITA ·

Misi Prabowo Gratiskan UKT Mahasiswa Selaras dengan Program Cagub Sultra Ruksamin


 Calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ruksamin Perbesar

Calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ruksamin

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI — Presiden terpilih RI Prabowo Subianto menilai Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa mesti digratiskan. Sehingga memudahkan bagi generasi bangsa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Pernyataan tersebut, ia sampaikan saat diwawancarai salah satu media nasional terkait isu kenaikan UKT mahasiswa di PTN.

“Menurut saya harus tidak boleh ini, terutama di Universitas Negeri yang dibangun oleh uang rakyat uang APBN, itu tidak boleh biayanya tinggi. Kalau bisa, biayanya sangat minim dan kalau perlu ya gratis, pendidikan,”kata Prabowo Subianto, Kamis, 23 Mei 2024.

Ungkapan Presiden terpilih Indonesia Prabowo tersebut, selaras dengan visi misi Calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ruksamin, di bidang pendidikan yang berkomitmen menggratiskan UKT semua mahasiswa jika terpilih sebagai Gubernur Sultra periode 2024-2029.

“Program UKT gratis ini bukan hal baru bagu saya. Namun telah realisasikan di Konawe Utara. Sebanyak 2.220 mahasiswa Konut gratis biaya UKT. Semua ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah. Baik yang kuliah dalam negeri maupun luar negeri,”kata Bupati Konut Ruksamin kepada Kendari Pos, Jumat (24/5/2024).

Menurut Ruksamin, program besiswa UKT gratis tersebut, sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke 4 bahwa negara hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Realita sosial tidak sedikit generasi bangsa enggan kuliah karena kesulitan ekonomi. Negara harus hadir menggratiskan UKT mahasiswa. Sebagai bentuk persiapan generasi bangsa yang cemerlang dan menyongsong Indonesia emas 2045,”urai Ruksamin.

Tak hanya itu, sambung Ruksamin, tidak sedikit pula orang tua yang menguliahkan anaknya mesti menjual sapi, kambing, ayam, gadai sawah, tanah, demi membiayai anaknya kuliah.

“Memang orang tua bahagia ketika melihat anaknya wisuda. Namun kita tidak tahu didalam hatinya menangis, karena berapa banyak pengorbanan harta yang tergadai atau dijual untuk biayai anak sekolah,” pungkas Ruksamin.(hus)

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Mantan Wakil Wali Kota Kendari Dukung Lukman Abunawas di Pilgub Sultra

14 Juni 2024 - 11:03 WITA

Jelang Pilwali, Sejumlah Figur Intens Komunikasi dengan Ishak Ismail

13 Juni 2024 - 08:31 WITA

Resmi Kantongi Rekomendasi PPP, AJP-ASLI Terus Bidik Parpol Lain

12 Juni 2024 - 22:24 WITA

Dari Empat Nama yang Diusul, DPP PPP Rekomendasikan AJP-ASLI

12 Juni 2024 - 20:09 WITA

PPP Usung AJP-ASLI di Pilwali Kendari

11 Juni 2024 - 19:22 WITA

Maju Pilgub Siltra, Lukman Abunawas Siapkan 10 Progam Unggulan

11 Juni 2024 - 12:45 WITA

Trending di Politik