Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 21 Okt 2023 10:34 WITA ·

Di Hadapan Pengawas Sekolah, Bupati Konut Paparkan Kebijakan Pembangunan SDM


 Bupati Konawe Utara H Ruksamin saat menjadi narasumber dalam seminar pendidikan yang bertajuk “Peran Pemangku Kepentingan Pendidikan dalam Implementasi Program Merdeka Belajar”. Foto: Istimewa Perbesar

Bupati Konawe Utara H Ruksamin saat menjadi narasumber dalam seminar pendidikan yang bertajuk “Peran Pemangku Kepentingan Pendidikan dalam Implementasi Program Merdeka Belajar”. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Bupati Konawe Utara H Ruksamin menjadi salah satu narasumber dalam seminar pendidikan yang bertajuk “Peran Pemangku Kepentingan Pendidikan dalam Implementasi Program Merdeka Belajar”.

Seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Sulawesi Tenggara yang berlangsung di Hotel Plaza Kubra Kendari pada, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Dalam seminar ini, Ruksamin memaparkan terkait kebijakan pembangunan sumber daya manusia (SDM), program merdeka belajar, dan kemajuan pendidikan menuju Sultra pusat energi dunia.

Dalam Kebijakan Pembangunan Sumber daya manusia Ruksamin menyebut Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Konut saat ini menunjukan peningkatan di angka 71,10 yang sebelumnya pada tahun 2016 berada di angka 67, 71, dan saat ini urutan ke – lima Kabupaten se–Sultra.

Salah satu indikator IPM Konut mengalami peningkatan lanjut Ruksamin, karena dilakukannya beberapa strategi pembangunan pendidikan yakni dengan menyediakan kuliatas layanan pendidikan yang merata, peran masyarakat dalam pembangunan Pendidikan, perubahan metode pembelajaran, budaya sekolah dan baca.

“Saat ini Pemda Konut telah memberikan beasiswa bagi Siswa SD sebanyak 8890 dan SMP 3346″, ucapnya.

Selain itu, beasiswa konasara untuk 2370 mahasiswa asal Konawe Utara yang terdiri 121 Universitas yang tersebar di Indonesia, kemudian menyediakan program 1 leptop 1 guru dengan jumlah guru SD dan SMP saat ini di Konut sebanyak 1487, serta tambahan penghasilan pegawai untuk ASN Konut yang saat ini menjadi yang tertinggi di Sultra.

Terkait kemajuan pendidikan menuju Sultra Pusat Energi Dunia ruksamin mengatakan dimasa mendatang dibutuhkan visi pembangunan yang memastikan terbangunnya sinergi antara masyarakat negara dan swasta dalam pengelolaan SDM sehingga dapat terwujud sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

“Pilar pembangunan untuk menuju Sultra Pusat Energi Dunia itu diantaranya energi untuk kemandirian, pendidikan kesehatan, kemakmuran, infrastruktur, agro, lingkungan, melayani, dan harmoni” ucapnya.

Diketahui selain Bupati, Kepala BGP Provinsi Sultra Awaludin Keala, Kepala BPMP Sultra, dan Ketua BAN Sultra juga menjadi Narasumber dalam seminar itu.

Turut mendampingi Bupati dalam seminar itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konut Asmadin, Kepala Bappeda Konut Muhaimin, dan Kabag Protokol Konut Sutriawan.**)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Polda Sultra Komitmen Wujudkan Seleksi yang Bersih dan Transparan

26 Februari 2024 - 13:03 WITA

KSOP Kendari Mediasi Pelaku Usaha Pasir dengan ESDM Sultra

23 Februari 2024 - 14:16 WITA

Jumat Curhat, Kapolsek Wolasi Edukasi Pelajar SD

23 Februari 2024 - 11:52 WITA

Raih Suara Terbanyak, Fadhal Rahmat Tunaikan Janjinya Perbaiki Jalan Jambu

22 Februari 2024 - 15:32 WITA

Empat Hari Pasca Pemilu, Arus Balik di Pelabuhan Tampo Masih Padat

18 Februari 2024 - 15:28 WITA

Lima TPS di Kendari Bakal Dilakukan PSU

18 Februari 2024 - 10:27 WITA

Trending di Daerah