Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 15 Agu 2023 13:48 WITA ·

Dewan Minta Kadis PMD Muna Bina Kepala Desa dalam Penggunaan DD


 Pelaksanaan Rapat Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Muna terkait LPJ Bupati Muna tentang penggunaan APBD 2022. Foto: Nursan Perbesar

Pelaksanaan Rapat Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Muna terkait LPJ Bupati Muna tentang penggunaan APBD 2022. Foto: Nursan

PENAFAKTUAL.COM, MUNA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna untuk melakukan pembinaan kepada seluruh Kepala Desa terkait proses penggunaan Dana Desa di Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Komisi III DPRD Muna Awal Jaya Bolombo mengatakan DPMD Muna harus membimbing para Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Muna dalam pengelolaan administrasi dan keuangan Dana Desa, agar kedepan tidak ada lagi Kades yang berurusan dengan aparat penegak hukum akibat penyalahgunaan Dana Desa.

“Dibawah kepemimpinan pak Fajar sebagai Kadis PMD, tidak boleh lagi ada kades yang berurusan dengan hukum apalagi sampai jadi tersangka,” tegasnya saat Rapat Gabungan Komisi terkait LPJ APBD 2022, Selasa, 15 Agustus 2023.

Ketua Demokrat Muna ini mengatakan selama ini banyak Kepala Desa atau PJ. Kades berurusan dengan hukum. Terakhir mantan Pj. Desa Pasikuta ditetapkan tersangka terkait dugaan korupsi pengadaan lampu jalan.

“Pj Kades Pasikuta sekarang berurusan dengan Hukum terkait proyek pengadaan lampu jalan, dianggarkan Rp 500 juta temuanya Rp 500 juta,” terangnnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala DPMD Muna, Fajar Wunanto menegaskan bahwa saat ini pihaknya akan melakukan pembinaan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Muna. Menurutnya, tim internal untuk memenitoring dan mengevaluasi penggunaan dana desa di lapangan telah dibuat, agar tidak terjadi penyalahgunaan dana desa.

“Saat ini kami sudah bentuk tim, sehingga tidak ada lagi evaluasi Dana Desa diatas meja,” ucapnya.

Fajar Wunanto menjelaskan, di tahun sebelumnya progres pencairan Dana Desa di Kabupaten Muna selalu berada di urutan ke 14 se-Sultra, namun di tahun ini sudah berada di urutan ke 3.

“Kurang lebih dua bulan kami memimpin di DPMD sudah mendongkrak menjadi urutan ke 3 se-Sultra terkait progres pencarian dana desa,” tegasnya.

Penulis: Nursan

Artikel ini telah dibaca 114 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Polda Sultra Komitmen Wujudkan Seleksi yang Bersih dan Transparan

26 Februari 2024 - 13:03 WITA

KSOP Kendari Mediasi Pelaku Usaha Pasir dengan ESDM Sultra

23 Februari 2024 - 14:16 WITA

Jumat Curhat, Kapolsek Wolasi Edukasi Pelajar SD

23 Februari 2024 - 11:52 WITA

Raih Suara Terbanyak, Fadhal Rahmat Tunaikan Janjinya Perbaiki Jalan Jambu

22 Februari 2024 - 15:32 WITA

Empat Hari Pasca Pemilu, Arus Balik di Pelabuhan Tampo Masih Padat

18 Februari 2024 - 15:28 WITA

Lima TPS di Kendari Bakal Dilakukan PSU

18 Februari 2024 - 10:27 WITA

Trending di Daerah