Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

News · 5 Mei 2023 13:37 WITA ·

Dandim Kendari: Menjaga dan Melestarikan Kearifan Lokal Merupakan Tugas Kita Bersama


 Dandim Kendari: Menjaga dan Melestarikan Kearifan Lokal Merupakan Tugas  Kita Bersama Perbesar

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Menjaga dan melestarikan kearifan lokal merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama. Demikian dikatakan Dandim 1417/Kendari Kolonel Czi Bintarto JY, S. I. P., M.Han saat menghadiri Pembukaan Pagelaran Seni dan Budaya dalam rangka peringatan HUT Kota Kendari ke 192 tahun 2023 di Pelataran Tugu Religi Ex. MTQ Kendari Jl. Abdullah Silondae Mandonga Kota Kendari.

“Kegiatan ini sangat positif dan merupakan salah satu metode dalam menjaga serta melestarikan seni dan budaya di suatu wilayah,” kata Kolonel Czi Bintarto JY, S. I. P.,M.Han, dalam rilisnya, Kamis, 4 Mei 2023.

Menurutnya, Kodim 1417/Kendari selalu mendukung kegiatan yang mengangkat kearifan lokal, karena kegiatan seperti ini sangat positif dan merupakan salah satu metode dalam menjaga serta melestarikan seni dan budaya di satu wilayah.

“Serta cerminan Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI,” ungkap Dandim.

Dandim kemudian mengutip kata Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu AP.,M.S.I bahwasanya filosofi yang menjadi filsafat masyarakat Tolaki adalah “Inae konasara ieto pinesara, inae lia sara ieto pinekasara” (Siapa saja yang mentaati atau menjunjung tinggi hukum adat akan dimuliakan, dan siapa saja yang melanggar hukum adat akan diberi sanksi).

“Mari tegakkan dan kita jaga bersama adat istiadat serta norma-norma yang berlaku sehingga mampu mempererat kebersamaan yang menciptakan wilayah yang aman dan tentram bagi siapapun,” pungkasnya.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Peduli Korban Banjir, PT Tiran Indonesia Bantu 10 Ton Beras di Konut

11 Mei 2024 - 09:00 WITA

Balon Wali Kota Kendari AJP Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Nasdem

27 April 2024 - 14:37 WITA

Golkar Bakal Survei 10 Balon Wali Kota Kendari

17 April 2024 - 09:55 WITA

Minta Restu Maju Pilwali Kendari, Afdhal Sowan ke Muh Endang

17 April 2024 - 08:58 WITA

Tarung Pilgub Sultra, Tina Nur Alam Incar Partai Demokrat

6 April 2024 - 16:58 WITA

Rusak Parah, Jalan Poros Duriaasi Wonggeduku Luput dari Perhatian Pemda Konawe

2 April 2024 - 22:18 WITA

Trending di Daerah