Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

News · 5 Mei 2023 13:37 WITA ·

Dandim Kendari: Menjaga dan Melestarikan Kearifan Lokal Merupakan Tugas Kita Bersama


 Dandim Kendari: Menjaga dan Melestarikan Kearifan Lokal Merupakan Tugas  Kita Bersama Perbesar

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Menjaga dan melestarikan kearifan lokal merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama. Demikian dikatakan Dandim 1417/Kendari Kolonel Czi Bintarto JY, S. I. P., M.Han saat menghadiri Pembukaan Pagelaran Seni dan Budaya dalam rangka peringatan HUT Kota Kendari ke 192 tahun 2023 di Pelataran Tugu Religi Ex. MTQ Kendari Jl. Abdullah Silondae Mandonga Kota Kendari.

“Kegiatan ini sangat positif dan merupakan salah satu metode dalam menjaga serta melestarikan seni dan budaya di suatu wilayah,” kata Kolonel Czi Bintarto JY, S. I. P.,M.Han, dalam rilisnya, Kamis, 4 Mei 2023.

Menurutnya, Kodim 1417/Kendari selalu mendukung kegiatan yang mengangkat kearifan lokal, karena kegiatan seperti ini sangat positif dan merupakan salah satu metode dalam menjaga serta melestarikan seni dan budaya di satu wilayah.

“Serta cerminan Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI,” ungkap Dandim.

Dandim kemudian mengutip kata Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu AP.,M.S.I bahwasanya filosofi yang menjadi filsafat masyarakat Tolaki adalah “Inae konasara ieto pinesara, inae lia sara ieto pinekasara” (Siapa saja yang mentaati atau menjunjung tinggi hukum adat akan dimuliakan, dan siapa saja yang melanggar hukum adat akan diberi sanksi).

“Mari tegakkan dan kita jaga bersama adat istiadat serta norma-norma yang berlaku sehingga mampu mempererat kebersamaan yang menciptakan wilayah yang aman dan tentram bagi siapapun,” pungkasnya.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Parlemen Negara Sahabat Pantau Pemilu di Indonesia

9 Februari 2024 - 23:08 WITA

Rayakan Natal Bersama, BKSG Sultra Dukung Moderasi Beragama

30 Desember 2023 - 23:16 WITA

Polsek Tikep Diminta Usut Tuntas Kasus Penikaman di Maginti

23 Desember 2023 - 17:12 WITA

Calon Tenaga PPPK Polda Sultra Jalani Tes Psikologi

4 Desember 2023 - 11:02 WITA

Polemik Tanah PT Zamzam dan Masyarakat Masih Bergulir, DPRD Kendari Gelar RDP

28 November 2023 - 20:48 WITA

LBH SNNU Siap Dampingi Nelayan Korban Penembakan Oknum Aparat di Laonti

27 November 2023 - 11:25 WITA

Trending di News