Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 7 Mar 2023 05:55 WITA ·

BPVP Kendari Buka Tiga Paket Pelatihan Boarding


 Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Boarding di aula BPVP Kendari, Senin, 6 Maret 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Boarding di aula BPVP Kendari, Senin, 6 Maret 2023. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari membuka tiga Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Boarding atau pelatihan yang siswanya di asramakan, Senin, 6 Maret 2023.

Tiga pelatihan boarding yang dibuka yakni Pelatihan Tata Kecantikan Pengantin Hantaran, Pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran, serta Pelatihan Teknisi Telepon Seluler.

“Setiap paket pelatihan siswanya sebanyak 16 orang yang berasal dari Kabupaten Kolaka,  Kabupaten Konawe dan  Kabupaten Konawe Selatan,” terang Kepala BPVP Kendari, Dr La Ode Haji Polondu.

Ia menjelaskan, paket pelatihan boarding merupakan salah satu paket pelatihan yang ada di BPVP Kendari untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat di luar Kota Kendari yang pelatihannya dilakukan di lingkungan BPVP Kendari.

“Kalau pelatihan MTU kami yang berkunjung ke daerah-daerah di luar Kota Kendari untuk melaksanakan pelatihan di wilayah tersebut. Tapi kalau Pelatihan Boarding, siswanya yang kita undang dari Kabupaten dan Kota di luar Kota Kendari untuk datang mengikuti pelatihan di sini,” jelas dia.

Berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan boarding, lanjut Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ini, pihaknya berharap kepada para siswa untuk benar-benar serius mengikuti semua prosesnya hingga usai dan dinyatakan lulus dan kompeten pada kejuruan atau jurusan yang diikuti pelatihannya.

“Mereka ini adalah para generasi muda angkatan kerja kita yang terpilih, karena dari sekian banyak masyarakat yang ada di Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan hanya mereka yang bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan. Atas hal itu, maka saya berharap agar para siswa peserta pelatihan bisa bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini,” tandasnya.

Para peserta ini, tambah dia, akan mengikuti proses pelatihan lebih dari satu bulan di BPVP Kendari. Selama proses itu, segala kebutuhan para peserta mulai dari pakaian seragam pelatihan, pakaian olah raga, sepatu, makan siang dan malam, buku dan alat tulis, uang saku, tempat istirahat, laundry pakaian, asuransi kesehatan serta sertifikat seluruhnya ditanggung oleh BPVP Kendari atau  pelatihan di BPVP Kendari seluruhnya gratis.

“Semua ini merupakan bukti hadirnya pemerintah yang peduli atas peningkatan keterampilan dan kompetensi masyarakat, melalui Kemnaker RI yang perpanjangan tangannya di Provinsi Sulawesi Tenggara  adalah BPVP Kendari,” cetusnya.

Berkaitan dengan hal itu pula, orang nomor satu di BPVP Kendari ini sangat berharap kepada para peserta yang mengikuti pelatihan untuk bisa merubah sikap dan perilakunya selama mengikuti pelatihan, bisa menjadi pribadi yang lebih baik, tekun, inovatif dan kreatif, sehingga kelak menjadi kebanggaan keluarga dan daerahnya.

“Kami akan ikut bangga, jika dikemudian hari mereka ini bisa sukses, menolong diri mereka sendiri, keluarga, masyarakat umum dan berkontribusi untuk masyarakat, daerah, bangsa dan negara,” tutupnya.

Diketahui dalam giat ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Kabupaten Konawe, Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka, Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kepala BLK Kabupaten Konawe, para pendamping dari Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan serta para pejabat dan instruktur BPVP Kendari.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kades dan Pengurus Apdesi se-Sultra Ikut Sosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2024

18 Mei 2024 - 18:07 WITA

Tak Tunaikan Kewajibannya, Jalan Hauling PT OSS Diblokade

16 Mei 2024 - 23:35 WITA

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Puskesmas Kabaena Timur Sosialisasikan Program P4K

16 Mei 2024 - 11:15 WITA

Infrastruktur Tak Memadai, Perumahan Bumi Praja Residence Tergenang Banjir

15 Mei 2024 - 18:29 WITA

Pemda Konut Terima Bantuan Penanganan Banjir dari BNPB RI

15 Mei 2024 - 11:25 WITA

Dukung Pengurangan Emisi Karbon, DWP Dishut Sultra Tanam Pohon di Kawasan Bendungan Ameroro

11 Mei 2024 - 08:18 WITA

Trending di Daerah