Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Edukasi · 13 Mei 2023 16:26 WITA ·

SMP IT Al Qalam Kendari Gelar Wisuda Tahfidz dan Penamatan Siswa-Siswi Kelas 9


 Prosesi penamatan Siswa-Siswi SMP IT Al Qalam Kendari di salah satu hotel di Kota Kendari. Foto: Istimewa Perbesar

Prosesi penamatan Siswa-Siswi SMP IT Al Qalam Kendari di salah satu hotel di Kota Kendari. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – SMP Islam Terpadu (IT) Al Qalam Kendari – Yayasan Pendidikan Al Qalam Kendari menggelar Wisuda Tahfidz Qur’an sekaligus penamatan kelas 9 angkatan VII hari ini, Sabtu, 13 Mei 2023.

Tercatatat, ada 88 siswa yang diwisuda hari ini, dimana diantaranya sebanya 55 siswa berhasil menamatkan target hafalannya sehingga sekaligus mengikuti wisuda Tahfidz. Wisuda ini merupakan agenda tahunan sekolah, sebagai apresiasi bagi siswa-siswi yang berhasil mencapai target hafalan Al Qur’an minimal 1 juz yakni juz 30. Selain itu, terdapat 3 wisudawan istimewa yang dapat menamatkan hafalannya lebih dari 1 juz.

Sebelum dinyatakan lulus, para siswa-siswi SMP IT Al Qalam terlebih diuji di salah satu unit Qur’an Center yang didirikan secara khusus oleh Yayasan Pendidikan Al Qalam Kendari yang bernama USQ (Unit Sahabat Qur’an), untuk membantu para siswa-siswi Al Qalam belajar tahsin Al Qur’an dengan baik sekaligus membantu mereka untuk dapat mencapai target hafalannya dengan cepat.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Pendidikan Al Qalam Kendari, Hj. Dr. Erni Qomariyah, M.Si. menyampaikan rasa terima kasih terdalam kepada orang tua siswa yang mendukung secara penuh suksesnya penyelenggaraan penamatan tahun ini.

Menurutnya, segala daya upaya dilakukan oleh sekolah agar dapat membentuk karakter kepribadian anak yang sholeh dan sholeha, sehingga bukan saja cerdas secara akademik tapi juga cerdas dalam akhlaq budi pekertinya.

“Kami berharap bahwa Sekolah Islam Terpadu Al Qalam Kendari dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai warna yang tersendiri untuk membawa perubahan ke arah lebih baik terhadap kualitas pendidikan anak-anak. Kendatipun begitu, kami mengakui bahwa mengelola lembaga pendidikan tidaklah mudah. Meskipun kami punya banyak kelebihan, tapi kami juga mengakui, kami masih punya banyak kekurangan di sana-sini yang harus kami perbaiki”, pungkas ketua Yayasan.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMPIT Al Qalam Kendari Darnah Odding S.Pd, menyampaikan bahwa SMP IT Al Qalam berkomitmen untuk menjadi wadah yang menumbuhkan karakter anak.

“Sekolah hadir untuk membantu menumbuh kembangkan karakter anak didik yang berkembang menjadi pribadi berakhlakul karimah. Tentunya selama proses pendidikan, terdapat banyak kekeliruan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada orang tua murid bila terdapat kesalahan maupun kekhilafan selama membina para siswa”, pungkasnya.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 176 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

SMPN 1 Loghia Gelar Acara Perpisahan 112 Anak Didiknya

12 Juni 2024 - 12:15 WITA

Momentum Hardiknas 2024, Ini Harapan Aksan Jaya Putra

2 Mei 2024 - 22:16 WITA

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Buka Pendaftaran Jalur UTBK SNBT, UHO Siapkan Kuota 40 Persen

25 Maret 2024 - 23:23 WITA

Trending di Edukasi