Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 23 Des 2023 16:04 WITA ·

Ratusan Anak di Kendari Ikut Sunatan Massal Gratis dari Umar Arsal 


 Ratusan Anak di Kendari Ikut Sunatan Massal Gratis dari Umar Arsal  Perbesar

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Calon anggota DPR RI Umar Arsal menggelar kegiatan sunat massal gratis di Jalan Sorumba Kelurahan Bonggoya, Kecamatan Wuawua, Sabtu, 23 Desember 2023. Dalam kesempatan tersebut, Politisi Partai Demokrat itu juga membagikan kaca mata baca gratis kepada warga setempat.

Umar Arsal mengatakan, sunatan massal gratis dan pembagian kacamata gratis di Kelurahan Banggoya Kecamatan Wua-Wua merupakan titik ketiga tang digelar di Kota Kendari. Dua titik sebelumnya digelar di Kelurahan Labibia dengan peserta sekitar 81 orang, kemudian di Kelurahan Lapulu sejumlah 79 anak.

“Untuk hari ini peserta yang ikut sunatan massal sebanyak 120 anak. Peserta paling terbanyak dibandingkan dua titik sebelumnya,” kata Umar Arsal, Sabtu, 23 Desember 2023.

Pembagian kacamata baca gratis, kata dia, menyentuh 100 peserta. Jumlah tersebut sama dengan pembagian di Kelurahan Labibia dan Kelurahan Lapulu.

“Kaca mata baca sangat penting untuk membantu penglihatan. Bukan saja yang telah lanjut usia, namun bagi anak muda-mudi sangat esensial menggunakan kaca mata ketika belajar,” ujar Umar Arsal.

Umar Arsal menjelaskan, kegiatan sunat massal dan pembagian kaca mata baca gratis ini bagian dari rangkaian bulan bakti sosial yang diselenggarakan mulai 21 Desember 2023 sampai 21 Januari 2024 yang akan diselenggarakan di 17 Kabupaten dan Kota se Sulawesi Tenggara.

“Sunnat massal ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang kesulitan membiayai anaknya untuk sunat. Karena harga sunat saat ini bisa mencapai jutaan rupiah,” kata Umar Arsal

Mantan anggota DPR RI dua periode itu menjelaskan, kegiatan sunat massal gratis dan pembagian kaca mata baca gratis di 17 Kabupaten dan Kota se Sultra menargetkan 3000 peserta. Nantinya setiap Kabupaten dan Kota akan mendapat gilirannya masing-masing.

“Setelah di Kota Kendari kemudian 24-27 Desember 2023 akan digelar di Kolaka Timur. Kemudian 28 Desember di Kolaka disusul Kolaka Utara 29-30 Desember 2023. Selanjutnya 3-5 Januari 2024 digelar di Konawe Kepulauan. Kemudian Buton Raya,Konawe Selatan, Konawe, dan Bombana. Diperkirakan 63 titik kegiatan secara menyeluruh,” jelas Umar.

Caleg nomor urut 2 dari Partai Demokrat ini juga turut mensosialisasikan tata cara memilih yang tepat dan benar. Terdapat lima kertas suara saat Pemilu 2024, mesti dijelaskan dengan baik agar pemilih mudah membedakan jenis kertas suara.

Umar Arsal merinci surat suara seperti warna Abu-Abu merupakan surat suara memilih pasangan calon Presiden beserta Wakil Presiden. Kemudian surat suara kuning digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Selanjutnya surat suara merah untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Selanjutnya surat suara biru digunakan untuk memilih anggota DPRD Provinsi.

“Terakhir surat suara warna hijau digunakan untuk memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota,” beber Umar Arsal.

Jika terpilih menjadi anggota DPR RI di Pemilu 14 Februari 2024, pria yang kerap disapa Umar ini berkomitmen bakal membangun rumah singgah untuk masyarakat Sultra yang hendak berobat keluar kota ataupun dalam Kota Kendari. Pasalnya, meski sudah ada BPJS namun BPJS tidak menanggung biaya transportasi ketika berobat ke Jakarta, Makassar ataupun di kota lainnya. Termasuk tempat menginap. Pada titik ini esensi pengadaan rumah singgah sebagai tempat menginap gratis bagi warga sangat penting. Sehingga beban biaya mencari tempat tinggal dapat teratasi.

“Termasuk memperjuangkan terkait akomodasi transportasi bagi warga yang hendak berobat keluar kota akan saya perjuangkan,”kata Umar Arsal dihadapan ratusan warga Kelurahan Labibia Kecamatan Mandonga.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Banggoya Kecamatan Wua-Wua, Andi Sutrisno mengaku sangat bersyukur atas kegiatan bakti sosial sunat massal dan pembagian kaca mata baca gratis yang digelar caleg DPR RI nomor urut 2 Umar Arsal. Kegiatan tersebut, sangat bermanfaat bagi anak-anak dan juga orang tua yang membutuhkan kaca mata baca.

“Umar Arsal sejak dulu terkenal begitu antusias membantu masyarakat tanpa pamrih. Makanya, kami begitu akrab dengan nama beliau. Kinerjanya ketika duduk di senayan dua periode sangat teruji untuk masyarakat Sultra. Terima kasih Umar Arsal, saya yakin beliau akan terpilih,” kata Andi Sutrisno.**)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Polda Sultra Komitmen Wujudkan Seleksi yang Bersih dan Transparan

26 Februari 2024 - 13:03 WITA

KSOP Kendari Mediasi Pelaku Usaha Pasir dengan ESDM Sultra

23 Februari 2024 - 14:16 WITA

Jumat Curhat, Kapolsek Wolasi Edukasi Pelajar SD

23 Februari 2024 - 11:52 WITA

Raih Suara Terbanyak, Fadhal Rahmat Tunaikan Janjinya Perbaiki Jalan Jambu

22 Februari 2024 - 15:32 WITA

Empat Hari Pasca Pemilu, Arus Balik di Pelabuhan Tampo Masih Padat

18 Februari 2024 - 15:28 WITA

Lima TPS di Kendari Bakal Dilakukan PSU

18 Februari 2024 - 10:27 WITA

Trending di Daerah