Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 20 Nov 2023 15:44 WITA ·

Pelaporan Kadis Pendidikan Butur Diduga Ada Indikasi Kepentingan Politik


 Tulus, Ketua KAMI-BUTUR. Foto: Istimewa Perbesar

Tulus, Ketua KAMI-BUTUR. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, BUTUR – Kontroversi dugaan gratifikasi yang menimpa Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara, Kusman Surya menuai sorotan sejumlah pihak. Salah satunya dari Koalisi Pemuda Mahasiswa Indonesia Buton Utara (KAMI- Butur).

Isu ini berawal dari laporan oleh LSM Himpunan Pemuda 21 Nusantara (HP21N) terkait dugaan Pungli Kadis Pendidikan Butin Utara dalam seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) P3K.

Ketua KAMI-BUTUR, Tulus, menduga bahwa pelaporan terhadap Kusman Surya tidak sepenuhnya murni untuk membela kepentingan masyarakat.

Ia mencurigai adanya oknum yang menggerakkan massa hanya demi mendapatkan kepentingan pribadi dan politik.

“Dugaan kami isu itu muncul dari salah satu oknum peserta P3K yang tidak lulus seleksi kemudian mengkambing hitamkan kadis pendidikan Buton Utara, hingga kemudian isu tersebutlah yang digoreng oleh oknum” ujar Tulus.

Sebelumnya, HP21N telah melaporkan dugaan gratifikasi ke Polres Buton Utara. Kasus ini juga pernah dilaporkan pada tahun 2022 namun tidak dilanjutkan karena kurangnya bukti.

Kini, mereka mengangkat kembali isu yang sama, meskipun tidak ada perkembangan atau bukti baru yang mendukung tuduhan terhadap Kusman Surya.

Menanggapi tudingan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Buton Utara, Kusman Surya mengatakan dengan tegas bahwa hal itu hanya fitnah dan diduga ada unsur kepentingan politik.

“Itu fitnah, dan dugaan saya ini ada indikasi politik yang dengan sengaja ingin menjatuhkan nama baik saya,” ungkap Kusman Surya.

Ia menegaskan bahwa isu ini telah dilaporkan sebelumnya dan tidak dilanjutkan oleh kepolisian karena tidak cukup bukti.

Kusman Surya juga menantang pihak yang melaporkan untuk membuktikan tuduhan mereka.

“Silahkan lapor dan buktikan, dalam waktu dekat saya akan melaporkan mereka di Polda Sulawesi Tenggara atas pencemaran nama baik,” tegasnya.

KAMI-BUTUR sebagai representasi pemuda dan mahasiswa di daerah tersebut, menyatakan keprihatinan atas pemakaian isu ini untuk kepentingan kelompok tertentu.

“Kami selaku putra daerah sangat menyayangkan hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat namun dimanfaatkan oleh kelompok tertentu,” ujar Tulus.

Artikel ini telah dibaca 125 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat Berikan Bantuan Mesin Air di Lorong Jambu

19 Mei 2024 - 20:40 WITA

Kades dan Pengurus Apdesi se-Sultra Ikut Sosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2024

18 Mei 2024 - 18:07 WITA

Tak Tunaikan Kewajibannya, Jalan Hauling PT OSS Diblokade

16 Mei 2024 - 23:35 WITA

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Puskesmas Kabaena Timur Sosialisasikan Program P4K

16 Mei 2024 - 11:15 WITA

Infrastruktur Tak Memadai, Perumahan Bumi Praja Residence Tergenang Banjir

15 Mei 2024 - 18:29 WITA

Pemda Konut Terima Bantuan Penanganan Banjir dari BNPB RI

15 Mei 2024 - 11:25 WITA

Trending di Daerah