Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 10 Feb 2023 21:50 WITA ·

Peduli Lingkungan, PT GKP Bersih-bersih Lingkungan Desa


 Karyawan PT GKP sedang membersihkan lingkungan desa. Foto: Istimewa Perbesar

Karyawan PT GKP sedang membersihkan lingkungan desa. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KONKEP – Upaya untuk menjaga lingkungan, dari berbagai sampah dalam rangka menciptakan kehidupan yang sehat dan nyaman, menjadi dasar utama PT Gema Kreasi Perdana (GKP), melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan desa.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat di sekitar lokasi tambang ini, dilaksanakan pada Jumat, 10 Februari 2023. Selain melibatkan desa dan warga, kegiatan ini juga melibatkan volunter yang berasal dari karyawan dari berbagai departemen.

“Sebagai bagian dari masyarakat Wawonii pada umumnya dan Kecamatan Wawonii Tenggara Pada khususnya, kami memiliki kerinduan dan kecintaan yang sama dengan masyarakat, dimana pelestarian dan keindahan wilayah mesti terjaga apik. Kami akan meneruskan semangat ini ke desa- desa lainnya di kecamatan ini, bersama masyarakat,” demikian disampaikan Cipto Rustianto, Manajer Eksternal PT GKP.

Pada kegiatan bersih desa kali ini, berlokasi di Desa Sukarela Juara, Kecamatan Wawonii Tenggara. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap pekan, secara bergantian di desa-desa lingkar tambang.

Basri Kambatu, Head of Site PT GKP yang juga ikut ambil bagian dalam kegiatan bersih desa ini mengatakan, tradisional bersih-bersih setiap pekan ini, memang sudah diwajibkan kepada seluruh karyawan di perusahaan. Kini, kegiatan tersebut di perluas di masyarakat juga dengan melibatkan karyawan perusahaan.

“Biasanya, setiap (hari) Jumat, kita melaksanakan yang namanya Jumlah atau Jumat bersih. Semua departemen bertanggungjawab terhadap kebersihan lokasi kerja mereka. Sekarang, kita bersama masyarakat, ingin bersama-sama melakukan kegiatan ini, sehingga lingkungan kita tetap bersih, terawat dan jauh dari sumber-sumber penyakit,” demikian jelas Basri.

Samaga, Kepala Desa Sukarela Jaya mengapresiasi langkah yang dilakukan perusahaan dalam bersinergi dan ikut terlibat dalam kegiatan bersih desa ini. Di desa, lanjut Samaga, program gotong royong bersih desa ini sebenarnya juga ada dan berjalan.

Namun dengan keterlibatan perusahaan, akan semakin kuat dan meneguhkan bahwa masyarakat dan perusahaan memiliki sinergi yang baik dan tanggung jawab yang sama untuk membangun daerah dari berbagai aspek.

“Kami dari pihak desa tentu sangat berterima kasih atas program ini. Mari kita terus bersinergi untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi,” demikian jelas Samaga.

Kegiatan bersih desa ini, merupakan salah satu dari program Employee Voluntary Program (EVP), dimana karyawan, dari berbagai departemen menjadi volunter dalam berbagai kegiatan di masyarakat.

“Program EVP, memang dicetuskan dan digodok oleh departemen eksternal, khususnya CSR, tetapi dalam kegiatannya, melibatkan karyawan sebagai volunter. Selain program bersih desa, ada juga beberapa program lain dari EVP, ” Demikian ungkap Cipi, sapaan akrab Cipto Rustianto.

Lebih dari itu, program yang dijalankan PT GKP, merupakan bagian dari komitmen perusahaan, untuk tumbuh bersama masyarakat dan bersama masyarakat pula, membangun Wawonii yang lebih baik dalam berbagai aspek.

Editor: Husain

Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kades dan Pengurus Apdesi se-Sultra Ikut Sosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2024

18 Mei 2024 - 18:07 WITA

Tak Tunaikan Kewajibannya, Jalan Hauling PT OSS Diblokade

16 Mei 2024 - 23:35 WITA

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Puskesmas Kabaena Timur Sosialisasikan Program P4K

16 Mei 2024 - 11:15 WITA

Infrastruktur Tak Memadai, Perumahan Bumi Praja Residence Tergenang Banjir

15 Mei 2024 - 18:29 WITA

Pemda Konut Terima Bantuan Penanganan Banjir dari BNPB RI

15 Mei 2024 - 11:25 WITA

Dukung Pengurangan Emisi Karbon, DWP Dishut Sultra Tanam Pohon di Kawasan Bendungan Ameroro

11 Mei 2024 - 08:18 WITA

Trending di Daerah