Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Daerah · 19 Mei 2024 23:07 WITA ·

La Ode Alwi Kecam Pihak yang Mendiskreditkan Kegiatan Apdesi


 La Ode Alwi Haidatul (kanan) Ketua DPD Apdesi Sultra. Foto: Istimewa Perbesar

La Ode Alwi Haidatul (kanan) Ketua DPD Apdesi Sultra. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Ketua Umum DPD Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Alwi Haidatul mengecam adanya pernyataan yang mendiskreditkan kegiatan Apdesi Sultra.

Pernyataan tegas Alwi ini untuk merespon salah satu tokoh di Sultra yang diduga mendiskreditkan kegiatan Apdesi dengan beberapa statement negatif.

“Soal tokoh Sultra yang menemui kawan-kawan Kades semalam dengan mendiskreditkan kegiatan Apdesi dengan beberapa statement negatif maka sampaikan untuk menarik semua ucapannya, saya siap lahir batin untuk konsolidasi ke kawan-kawan kades untuk melawan beliau”, tegas Alwi kepada media ini, Minggu, 19 Mei 2024.

Diketahui, kemarin (Sabtu, 18 Mei 2024) DPD Apdesi Sultra sukses menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan publik hearing Undang-undang nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-undang nomor 6 tahun 2024 di Kota Kendari.

Alwi menegaskan bahwa dalam kegiatan tersebut sama sekali tidak ada agenda politik. Hanya murni kegiatan sosialisasi dan publik hearing sebagai wadah para kepala desa (Kades) untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan implementasi undang-undang desa yang baru.

Kendati demikian, panitia kegiatan juga mengundang beberapa tokoh di Sultra termasuk para bakal calon (balon) gubernur namun tidak ada yang hadir.

“Panitia kegiatan kemarin sudah mengundang beberapa tokoh di Sultra termasuk semua calon gubernur untuk hadir menyaksikan acara, namun tidak ada yang datang”, kata Kades Umba Kabupaten Muna Barat itu.

Lebih lanjut Alwi mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi yang digelar kemarin sangat penting untuk para kepala desa. Apalagi pemateri yang dihadirkan langsung dari kementerian dalam negeri.

“Jadi sangat disayangkan jika ada pihak-pihak yang mendiskreditkan kegiatan Apdesi. Apalagi pernyataan itu keluar dari salah satu tokoh besar di Sultra. Sangat tidak beralasan jika ada stigma miring yang mendiskreditkan upaya Apdesi melakukan kegiatan kemarin”, cetusnya.

“Harusnya beliau bersyukur, kades kita konsolidasi acara desa, beliau manfaatkan momen untuk silaturahmi dengan kawan-kawan kades, bahas lah tujuan silaturahminya jangan lagi buat opini negatif untuk kita, harusnya berterima kasih”, sambungnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada semua Kades khususnya di Sultra agar tidak terprovokasi dengan pihak-pihak yang mengeluarkan statemen negatif terhadap kegiatan maupun organisasi Apdesi Sultra.

Selain itu, La Ode Alwi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan seluruh Forkompinda atas dukungannya sehingga kegiatan sosialisasi dan public hearing bisa terlaksana dengan baik.

“Terkhusus kawan-kawan yang sudah antusias datang ditempat acara, karena sesungguhnya tanpa kawan kades, BPD dan perangkat se-Sultra yang rela berkorban demi terlaksananya acara, krn sesungguhnya kami pengurus DPD hanyalah partikel kecil yang ada di Sultra”, tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Sultra ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan public hearing dan sosialisasi karena DPD Apdesi Sultra dianggap punya integritas tinggi dan loyal dengan DPP.

“Yang pasti Pemateri kemarin memuji dan menyanjung antusias kawan-kawan Kades. Tidak sembarang menjadi tuan rumah, Alhamdulillah kita sukses, Pak Dirjen juga sanga salut dengan teman-teman kades yang solid”, tutupnya.(hus)

Artikel ini telah dibaca 325 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Demi Kendari BISA, AJP-ASLI Siap Berkorban Tenaga, Pikiran, hingga Harta

17 Juni 2024 - 20:38 WITA

Khutbah di Konawe, Lukman Abunawas Sampaikan Makna Idul Adha

17 Juni 2024 - 20:22 WITA

Lukman Abunawas Lepas Jenazah Kader PDI-P Sultran Simon Palloan ke Tanah Toraja

16 Juni 2024 - 09:48 WITA

Bantah Tudingan Manipulasi Data Siswa, Begini Penjelasan SMPS Islam Terpadu Muna Bakti

15 Juni 2024 - 16:51 WITA

Reaksi Kemenhub Soal Tumpahan Ore Nikel di Perairan Labengki

14 Juni 2024 - 22:23 WITA

Bupati Konkep Apresiasi Polda Sultra Sediakan Kuota Bintara Polri Tiap Kabupaten

14 Juni 2024 - 15:34 WITA

Trending di Daerah