Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 18 Jan 2024 20:09 WITA ·

KBST Gandeng Pemkot Kendari Lestarikan Bahasa Tolaki


 Kepala KBST, Uniawati, bersama staf KBST berkoordinasi dengan Pemkot Kendari yang diterima oleh Asisten II Jahudding dan Asisten III dan Makmur. Foto: Istimewa Perbesar

Kepala KBST, Uniawati, bersama staf KBST berkoordinasi dengan Pemkot Kendari yang diterima oleh Asisten II Jahudding dan Asisten III dan Makmur. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari Kamis, 18 Januari 2024.

Kepala KBST, Uniawati, bersama staf KBST diterima langsung oleh Asisten II dan Asisten III Pemkot Kendari, Jahudding dan Makmur, di Kantor Wali Kota Kendari.

Dalam pertemuan ini, dibahas program Revitalisasi Bahasa Tolaki yang rencannya akan diadakan pada tahun ini.

Uniawati menyampaikan bahwa sasaran revitalisasi ini ialah guru dan siswa sekolah dasar dan sekolah menengah di wilayah tutur bahasa Tolaki, salah satunya di Kota Kendari.

Para pakar bahasa Tolaki untuk memberikan bimbingan kepada para guru master yang akan mengimbaskan hasil pembelajaran kepada murid.

Oleh karena itu, KBST meminta dukungan dan pelibatan aktif Pemkot Kendari agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Makmur mewakili Pemkot Kendari mengatakan bahwa ia menyambut baik kegiatan ini dan akan segera menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung pelaksanaannya. Selain itu, Ia juga berharap RBD menjadi program yang berkelanjutan.

Ia juga menginformasikan bahwa bahasa Tolaki sudah masuk dalam kurikulum pembelajaran muatan lokal di Kota Kendari sejak beberapa tahun lalu. Akan tetapi, ada kesulitan tersendiri bagi para guru untuk mengajarkan bahasa Tolaki kepada peserta didik.

“Pengajar kita di sekolah-sekolah itu sebagian juga orang Tolaki, tapi bukan penutur bahasa Tolaki yang baik,” ujarnya.

Asisten III juga menjelaskan bahwa ketersediaan buku pembelajaran bahasa Tolaki di Kota Kendari juga masih terbatas.Menurutnya, hal ini menjadi PR bersama supaya bahasa Tolaki dapat digunakan, baik dalam situasi formal maupun nonformal.(hus)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat Berikan Bantuan Mesin Air di Lorong Jambu

19 Mei 2024 - 20:40 WITA

Kades dan Pengurus Apdesi se-Sultra Ikut Sosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2024

18 Mei 2024 - 18:07 WITA

Tak Tunaikan Kewajibannya, Jalan Hauling PT OSS Diblokade

16 Mei 2024 - 23:35 WITA

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Puskesmas Kabaena Timur Sosialisasikan Program P4K

16 Mei 2024 - 11:15 WITA

Infrastruktur Tak Memadai, Perumahan Bumi Praja Residence Tergenang Banjir

15 Mei 2024 - 18:29 WITA

Pemda Konut Terima Bantuan Penanganan Banjir dari BNPB RI

15 Mei 2024 - 11:25 WITA

Trending di Daerah