Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Edukasi · 5 Sep 2023 20:16 WITA ·

BPVP Kendari Kembali Buka 10 Program Pelatihan Kompetensi


 Kepala BPVP Kendari Amran, S.T., mengalungkan tanda peserta kepada salah satu perwakilan peserta. Foto: Istimewa Perbesar

Kepala BPVP Kendari Amran, S.T., mengalungkan tanda peserta kepada salah satu perwakilan peserta. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Terus memberikan keterampilan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra), Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi tahap IX sebanyak 10 program pelatihan untuk paket boarding dan non boarding.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Sulawesi Tenggara La Ode Muhammad Ali Haswandi di Aula serba guna BPVP Kendari, Selasa, 5 September 2023.

Dalam sambutannya, Ali Haswandi mengatakan, BPVP Kendari merupakan bagian dari pemerintah yang menjadi garda terdepan bagi angkatan kerja dalam mengembangkan keterampilan sesuai kebutuhan pasar kerja atau berusaha secara mandiri.

“Kita tahu bersama untuk dapat bekerja di dunia usaha dan industri atau membuka usaha secara mandiri dibutuhkan keterampilan yang kompeten pada bidang tertentu bukan hanya sekedar ijasah pendidikan. Hal ini yang menjadi nilai tambah bagi angkatan kerja yang mengikuti pelatihan di BPVP Kendari,” terangnya.

Iya menyebutkan, untuk mendapatkan hasil pelatihan yang maksimal sehingga ketika usai berproses dapat diterima kerja atau membuka usaha secara mandiri maka harus diawali dengan niat hati yang kuat untuk merubah diri dan mengikuti proses pelatihan ini dengan sungguh-sungguh.

“Ada sebuah kata bijak, yaitu hasil tidak akan pernah mengkhianati proses dan apa yang kita lakukan hari ini akan menentukan langkah kita dikemudian hari,” ungkapnya.

Atas hal itu, Ali Haswandi sangat berharap kepada para peserta yang akan mengikuti pelatihan untuk konsisten dan bersungguh-sungguh melalui semua prosesnya. Apalagi, instruktur atau tenaga pengajar di BPVP Kendari merupakan orang-orang terlatih yang telah teruji kompetensi.

“Saya juga berharap, semua pihak yang hadir di sini khusunya bagian dari pemerintah untuk saling bergandengan dalam membantu kegiatan BPVP Kendari serta mencari ruang untuk membantu para alumni dapat bekerja,” tandasnya.

Kepala BPVP Kendari Amran ST dalam sambutannya juga menuturkan, jika para peserta yang mengikuti pelatihan telah mendapatkan poin tambahan sebagai angkatan kerja bukan hanya keterampilan namun lebih pada hal membangun kepercayaan diri.

“Ada banyak hal yang bisa diperoleh dengan mengikuti pelatihan dan semua itu memiliki manfaat yang akan menunjang para angkatan kerja untuk bisa bersaing di dunia kerja. Jadi, mari ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu dan keterampilan yang diperoleh dapat bermanfaat,” tuturnya.

Terkait pelatihan yang akan dilaksanakan, jelas dia, BPVP Kendari membuka 10 program pelatihan yang terdiri dari tiga program pelatihan untuk paket boarding (di asramakan) yaitu Menjahit Pakaian Wanita Dewasa III, Desain Grafis III dan Desain Grafis IV.

Untuk paket Non Boarding (tidak di asramakan) yaitu Pelatihan Pembuat Roti dan Kue II, Pelayanan Pelanggan II, Barista III, Bakery, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa IV, Pengoperasian Instalansi Kontrol Industri Berbasis PLC, dan SMAW3 G (Las).

“Total pesertanya sebanyak 160 orang, dimana 48 orang untuk Boarding yang berasal dari Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Bombana, sementara untuk non boarding sebanyak 112 orang,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, jika pihaknya sangat berharap kepada para peserta yang mengikuti pelatihan di BPVP Kendari dapat bersungguh-sungguh sehingga kelak ilmu dan keterampilan yang didapatkan bisa menjadikan para peserta bekerja dengan baik di dunia usaha dan dunia industri atau berusaha secara mandiri.

“Dengan keterampilan itu juga, kami berharap para peserta mampu memberi manfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat umum, daerah dan bahkan bangsa dan negara,” tutupnya.

Diketahui, pada kegiatan pembukaan pelatihan tersebut turut hadir Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala BP3MI, Kepala BPKK, Ketua FKLPI, Kepala BPJS Kota Kendari, dan beberapa Kepala UPTD BLK Binaan BPVP Kendari.(**)

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

SMPN 1 Loghia Gelar Acara Perpisahan 112 Anak Didiknya

12 Juni 2024 - 12:15 WITA

Momentum Hardiknas 2024, Ini Harapan Aksan Jaya Putra

2 Mei 2024 - 22:16 WITA

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Buka Pendaftaran Jalur UTBK SNBT, UHO Siapkan Kuota 40 Persen

25 Maret 2024 - 23:23 WITA

Trending di Edukasi