Menu

Mode Gelap
Proses Lelang Diduga Inprosedural, ULP Muna Dilaporkan ke Polda Sultra Ditreskrimsus Polda Sultra Rutin Patroli Siber Jelang Pilkada 2024 Ruas Jalan Haji Latama di Punggolaka Rusak Parah, Warga: Sering Terjadi Kecelakaan DPMD Muna Pastikan Cakades Terpilih Wawesa dan Oensuli Tetap Dilantik DPP Demokrat Resmi Dukung Lukman – La Ode Ida di Pilgub Sultra

Daerah · 13 Des 2023 13:41 WITA ·

Admin dan Operator OPD Lingkup Pemkab Konut Jalani Bimtek PSrE


 Pembukaan sosialisasi dan bimbingan teknis Pemanfaatan Sertifikat Elektronik (PSrE). Foto: Istimewa Perbesar

Pembukaan sosialisasi dan bimbingan teknis Pemanfaatan Sertifikat Elektronik (PSrE). Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KONUT – Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Safruddin, S. Pd., M.Pd., membuka acara sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Pemanfaatan Sertifikat Elektronik (PSrE), di Kendari, Selasa, 21 November 2023.

Adapun peserta dalam kegiatan Bimtek Pemanfaatan Sertifikat Elektronik adalah admin dan operator masing-masing OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut.

Syafruddin kepada awak media mengungkapkan, di era digitalisasi ini, Pemkab Konut bakal punya jasa sertifikat elektronik dan tanda tangan digital yang efisien, terpercaya, dan praktis.

Tanda tangan elektronik sendiri terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan Informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.

Dijelaskan, kini penyelenggara sertifikasi elektronik hadir sebagai pelopor nasional penyelenggara yang langsung dikelola oleh Direktorat Tata Kelola Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

PSrE bertujuan untuk menyediakan jasa sertifikasi elektronik termasuk layanan tanda tangan digital yang efisien, terpercaya, dan praktis bagi ekosistem digital di Indonesia, terutama untuk ekosistem dalam industri keuangan dan transaksi.

Untuk itu, dengan adanya PSrE diharapkan semua masyarakat termasuk UMKM online dan perusahaan teknologi Indonesia khususnya di Kabupaten Konut, dapat memanfaatkan bisnis digitalisasi secara lebih optimal.

PSrE hadir untuk menciptakan keamanan nasional dan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan transaksi keuangan dan perjanjian di dunia digital.

“Selain rasa aman dan rasa percaya, PSrE hadir sebagai upaya dan langkah strategis untuk memproteksi penggunaan transaksi online dari fraud dan pemalsuan data,” tutup Plh Sekda Konut.**)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

PT Bintang Mining Indonesia Diduga Menambang Illegal di Konut

25 Juli 2024 - 23:37 WITA

KSOP Kendari Mulai Terapkan Single Billing Terhadap Kapal Asing

25 Juli 2024 - 21:38 WITA

Wakapolda Sultra Sampaikan Arahan Presiden di Rakernis Ops Mantap Praja Anoa

25 Juli 2024 - 17:16 WITA

Ketua DPRD Kendari: Pergeseran APBD Harus Disampaikan Secara Resmi

25 Juli 2024 - 09:58 WITA

Imigrasi Kendari Diduga Kongkalikong dengan 6 TKA China yang Ditangkap Lalu Dibebaskan

24 Juli 2024 - 12:29 WITA

Raja Konawe Ajak Masyarakat Sultra Teladani Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo

24 Juli 2024 - 10:18 WITA

Trending di Daerah