Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Nasional · 8 Feb 2023 21:28 WITA ·

Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Tindak Eskpor dan Tambang Ilegal


 Presiden Joko Widodo. Sumber: setkab.go.id Perbesar

Presiden Joko Widodo. Sumber: setkab.go.id

PENAFAKTUAL.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat TNI-Polri untuk segera menindak ekspor ilegal dan aktivitas pertambangan ilegal.

Hal itu disampaikan presiden Jokowi saat seusai memberikan pengarahan di Rapat Pimpinan TNI 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

Menurut Presiden Jokowi, jika ekspor ilegal maupun tambang ilegal ini masih terus berjalan, maka proses hilirisasi dan industrialisasi dipastikan menjadi terganggu

“Kalau yang namanya ekspor ilegal masih berjalan, yang namanya tambang ilegal masih berjalan, ya proses hilirisasi, proses industrialisasi itu menjadi terganggu, dan tugas TNI-Polri ada di situ,” kata Jokowi Widodo.

Jokowi mengatakan ekspor ilegal berdampak terhadap penerimaan negara yang berkurang. Menurut Jokowi, aparat sudah tahu tugas yang harus dilakukan terkait ekspor ilegal tersebut.

Dalam Rapim TNI-Polri ini, Jokowi lebih banyak menyampaikan arahan terkait sektor ekonomi. Jokowi meminta TNI-Polri mengawal proses industrialisasi dan menjaga investasi di Daerah agar bisa berjalan kondusif jangan ada gangguan dari pihak mana pun.

“Secara garis besar itu tapi karena temanya yang dipilih TNI-Polri berkaitan dengan produktivitas dengan transformasi ekonomi, saya lebih banyak menyampaikan mengenai pentingnya hilirisasi, yang memberi nilai tambah bagi negara”, papar Presiden RI 2 periode itu.

“Dan tugas TNI dan Polri adalah menjaga agar yang namanya industrialisasi dan hilirisasi berjalan dengan baik dilapangan tidak terjadi gangguan-gangguan,” imbuhnya.

Selain itu ia berpesan kepada TNI Polri agar tidak terlibat politik praktis apalagi ditahan 2023 ini memasuki tahun politik.

“Ditahun Politik 2023 ini supaya TNI-Polri tidak terlibat dalam Politik Praktis”, tukasnya.(rls)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Perusahaan Global Bangun Pusat AI di Indonesia, Kominfo Sambut Baik

6 April 2024 - 05:01 WITA

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolri Ungkap Upaya-Strategi Wujudkan Mudik yang Aman dan Nyaman

3 April 2024 - 22:36 WITA

Optimalisasi Arus Mudik Lebaran 2024, Polri Jalin Kerja Sama Dengan Google Maps

3 April 2024 - 17:01 WITA

Kapolri Pastikan Pemudik Diberi Pengawalan di Daerah Rawan

2 April 2024 - 17:29 WITA

Kakorlantas Pastikan Pengamanan Operasi Ketupat Terkoordinasi

1 April 2024 - 11:37 WITA

Rekrutmen Akpol 2024 Mulai Dibuka

28 Maret 2024 - 14:34 WITA

Trending di Nasional