Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Edukasi · 13 Okt 2023 14:09 WITA ·

Peran Media Diharapkan Dapat Membetuk Kesadaran Masyarakat Mengurangi Resiko Bencana


 Direktur Yayasan Skala Indonesia, Tri nirmala Ningrum saat memberikan keterangan pers. Foto.Tim Perbesar

Direktur Yayasan Skala Indonesia, Tri nirmala Ningrum saat memberikan keterangan pers. Foto.Tim

PENAFAKTUAL.COM,.KENDARI – Skala Indonesia bekerjasama dengan Greenpress, Forum LokaNusa dan Disasterhannel.co, menyelenggarakan workshop tentang peran media dalam pengurangan risiko bencana, sekaligus memperkenalkan dan peluncuran Forum LokaNusa, Jumat (13/10/2023).

Kegiatan tersebut, dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), yang dilaksanakan di Kota Kendari dan dihadiri para Jurnalis dari berbagai media.

Peran Media dalam membentuk kesadaran masyarakat terhadap pengurangan risiko bencana dan ancaman lingkungan menjadi sangat penting di era perkembangan teknologi.

Namun, masih terdapat kecenderungan di beberapa media yang hanya memberikan perhatian saat bencana terjadi, tanpa mengaitkannya dengan isu-isu lain seperti pembangunan berkelanjutan atau pembangunan secara umum.

Direktur Yayasan Skala Indonesia, Tri nirmala Ningrum mengungkapkan, BNPB telah melakukan berbagai upaya pendidikan melalui berbagai platform media untuk memberikan pemahaman dan edukasi.

Untuk itu, peran media sangat strategis dalam mendidik dan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait isu bencana, lingkungan, dan isu global lainnya.

“Dalam rangka membangun kesadaran bagi para pekerja media sebagai penyedia informasi untuk kesadaran pengurangan risiko bencana, serta untuk memperkuat komunitas di tingkat lokal, termasuk edukasi, keterlibatan, dan respons terhadap meningkatnya eskalasi bencana,” ungkpkannya.

Workshop ini sendiri, merupakan kolaborasi antara Skala Indonesia, GreenPress, Sheep, Pucen, Yappika-AtionAid, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Lalu selain itu, kegitan ini juga nantinya akan diluncurkan Forum LokaNusa. Dengan harapan peran strategis media dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap pengurangan resiko bencana.

“Melalui workshop ini, diharapkan peran strategis media dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap pengurangan risiko bencana akan semakin ditingkatkan, dan kolaborasi antarstakeholder dapat memperkuat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana,” tutupnya

TIM

 

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

SMPN 1 Loghia Gelar Acara Perpisahan 112 Anak Didiknya

12 Juni 2024 - 12:15 WITA

Momentum Hardiknas 2024, Ini Harapan Aksan Jaya Putra

2 Mei 2024 - 22:16 WITA

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Buka Pendaftaran Jalur UTBK SNBT, UHO Siapkan Kuota 40 Persen

25 Maret 2024 - 23:23 WITA

Trending di Edukasi