Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Edukasi · 24 Mei 2023 23:58 WITA ·

Mahasiswa PSPPA UHO Angkatan IX Gelar Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS di SMAN 3 Kendari


 Foto bersama siswa-siswa SMA Negeri 3 Kendari usai kegiatan sosialisasi Bahaya HIV/AIDS. Foto: Istimewa Perbesar

Foto bersama siswa-siswa SMA Negeri 3 Kendari usai kegiatan sosialisasi Bahaya HIV/AIDS. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Angkatan IX Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar sosialisasi mengenai bahaya infeksi penyakit menular seksual (HIV/AIDS) dan upaya pencegahannya di SMA Negeri 3 Kendari, Selasa, 23 Mei 2023.

Sosialisasi ini mengambil tema “Peningkatan kesadaran remaja pesisir Kassilampe terhadap penularan penyakit menular seksual (HIV/AIDS)” sebagai bentuk edukasi kepada remaja di tingkat sekolah menengah atas tentang bahaya infeksi penyakit menular seksual (HIV/AIDS).

Mahasiswa PSPPA angkatan IX UHO yang melakukan kegiatan sosialisasi ini terdiri dari 5 orang yaitu, Muhammad Fachry Syawal Putra,S.Farm, Hafizah Wardan, S.Farm, Devitria Kartika, S.Farm, Fitra Nur Awaliah, S.Farm dan Wa Ode Siti Sriandri, S.Farm dibawah bimbingan dosen Muhammad Hajrul Malaka, S.Si., M.Si, Halik, S.Pd., M.Pd.I dan Loly Subhyati Idrus, S.Farm., M.S.Farm., Apt.

Salah satu mahasiswa PSPPA, Hafizah Wardani mengatakan, edukasi tentang HIV/AIDS sangat penting dilakukan sedini mungkin, khususnya pada remaja.

“Agar menjauhkan diri mereka dari perilaku-perilaku yang bisa menyebabkan tertular HIV, karena bagaimanapun juga orang yang telah terkena HIV akan sangat merugikan diri mereka, baik dari segi kesehatan maupun dampak sosial ekonomi,” ucap Icha panggilan akrabnya.

Diketahui, AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus yang menyebabkan kekurangan imun. Sedangkan HIV merupakan penyebab dasar AIDS.

Penyebab HIV/AIDS sebagian pada kelompok rawan mempunyai risiko besar tertular HIV penyebab AIDS, yaitu: orang yang berperilaku seksual dengan berganti-ganti pasangan, pengguna narkoba suntik, pasangan seksual pengguna narkoba suntik, bayi yang ibunya positif HIV.

“Penularan HIV/AIDS terjadi akibat hubungan seksual (anal, oral, vaginal) yang tidak terlindungi (tanpa kondom) dengan orang yang telah terinfeksi HIV, jarum suntik/tindik/tato yang tidak steril dan dipakai bergantian, mendapatkan transfusi darah yang mengandung virus HIV, ibu penderita HIV positif kepada bayinya ketika dalam kandungan, saat melahirkan atau melalui air susu ibu (ASI),” tambahnya.

Selanjutnya, Muhammad Fachry Syawal Putra mengungkapkan bahwa HIV tidak ditularkan melalui hubungan sosial seperti jabatan tangan, bersentuhan, berciuman biasa, berpelukan, penggunaan peralatan makan dan minum, gigitan nyamuk, kolam renang, penggunaan kamar mandi atau WC/Jamban yang sama atau tinggal serumah bersama orang dengan HIV/AIDS.

“Jauhi penyakitnya, jangan jauhi orangnya, karena HIV tidak menular melalui sentuhan, makanan dan minuman”, demikian slogan yang mereka berikan kepada siswa SMA Negeri 3 Kendari agar selalu diingat dan diterapkan.

Diakhir kegiatan, mahasiswa PSPPA angkatan IX UHO menghaturkan terima kasih kepada kepala sekolah, para guru beserta staf SMA negeri 3 Kendari atas dukungan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan kegiatan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya penularan penyakit menular seksual ini.(**)

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

SMPN 1 Loghia Gelar Acara Perpisahan 112 Anak Didiknya

12 Juni 2024 - 12:15 WITA

Momentum Hardiknas 2024, Ini Harapan Aksan Jaya Putra

2 Mei 2024 - 22:16 WITA

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Buka Pendaftaran Jalur UTBK SNBT, UHO Siapkan Kuota 40 Persen

25 Maret 2024 - 23:23 WITA

Trending di Edukasi