Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 21 Sep 2023 14:13 WITA ·

Kurangi Beban Pengeluaran PBP, Bulog Raha Salurkan Ribuan Ton Beras


 Perum Bulog Cabang Raha dan Dinas Ketahanan Pangan  Muna sebelum memberangkatkan kendaraan yang akan menyalurkan Bantuan Beras Medium Cadangan Pangan Pemerintah. Foto : Nursan
Perbesar

Perum Bulog Cabang Raha dan Dinas Ketahanan Pangan Muna sebelum memberangkatkan kendaraan yang akan menyalurkan Bantuan Beras Medium Cadangan Pangan Pemerintah. Foto : Nursan

PENAFAKTUAL.COM, MUNA-Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Raha salurkan Bantuan Pangan Program Pemerintah di tiga Daerah, yakni Kabupaten Muna, Kabupaten Muna Barat, dan Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kabupaten Muna mendapat jatah bantuan pangan berupa beras sebesar 227.600 kg dan akan disalurkan untuk setiap masyarakat miskin atau tidak mampu disetiap kelurahan dan desa yang tersebar di 22 Kecamatan.

Kepala Perum Bulog Cabang Raha, Raymond mengatakan Bantuan Pangan Program Pemerintah Badan Pangan Nasional bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Penerima Bantuan Pangan (PBP).

“Ini upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen, dan mengendalikan dampak inflasi” ujarnya, Kamis, 21 September 2023.

Raymond menyampaikan bantuan yang disalurkan berupa Beras Medium Cadangan Pangan Pemerintah untuk masing-masing PBP menerima 10 kg setiap bulan selama tiga bulan.

“Bantuan ini sudah tahap ke dua untuk alokasi bulan September sampai dengan bulan November 2023 kepada masyarakat PBP,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan bantuan Pangan Pemerintah yang akan disalurkan oleh Jasa Prima Logistik, Transporter Bantuan Pangan untuk masyarakat di tiga Daerah tersebut sebesar 397.930 kg untuk setiap bulannya.

“Pagu untuk Kab. Muna sebesar 227.600 kg per bulan, dan untuk Kab. Muna Barat 100.260 kg per bulan, sedangkan untuk Kab. Buton Utara 70.070 kg per bulan,” jelas Raymond.

Terakhir, Raymond menegaskan Pemerintah melalui Perum Bulog akan terus berperan dalam menjaga ketahanan pangan nasional dan stabilisasi pasokan harga pangan melalui Program Bantuan Pangan.

“Kami akan terus berperan untuk menjaga ketahanan pangan dan stabilitas harga pangan,” tandasnya.

Kepala Perum Bulog Cabang Raha, Raymond (kiri) dan Kadis Ketahanan Pangan Muna, Mowik (kanan) saat memastikan Kualitas dan Kuantitas Beras di Gudang Bulog Raha. Foto : Nursan

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muna, Mowik Maniasa mengatakan bantuan pangan akan disalurkan di kantor Kelurahan dan Desa oleh Perusahaan Jasa Prima Logistik, Transporter Bantuan Pangan.

“Kami sudah melakukan rapat bersama, dan dihadiri oleh seluruh Camat, lurah, kepala desa, dan sudah disepakati untuk disalurkan lansung di kantor kelurahan dan desa,” jelasnya usai memastikan kualitas beras di Gudang Bulog Raha.

Mowik mengungkapkan bantuan pangan berupa beras dengan kualitas baik sebesar 227.600 kg ini akan diperuntukan untuk masyarakat miskin dan tidak mampu di Kabupaten Muna.

“Penerimanya masyarakat miskin dan tidak mampu yang didata oleh petugas Kementrian Sosial,” ujarnya.

Lanjut Mowik menjelaskan masyarakat penerima bantuan pangan yang sudah didata oleh Kementrian Sosial tidak ada, maka akan diganti oleh masyarakat miskin atau yang tidak mampu lainnya.

“Untuk orangnya tidak ada, akan diganti dan dibuatkan berita acara,” tutupnya.

Penulis : Nursan

Artikel ini telah dibaca 568 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat Berikan Bantuan Mesin Air di Lorong Jambu

19 Mei 2024 - 20:40 WITA

Kades dan Pengurus Apdesi se-Sultra Ikut Sosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2024

18 Mei 2024 - 18:07 WITA

Tak Tunaikan Kewajibannya, Jalan Hauling PT OSS Diblokade

16 Mei 2024 - 23:35 WITA

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Puskesmas Kabaena Timur Sosialisasikan Program P4K

16 Mei 2024 - 11:15 WITA

Infrastruktur Tak Memadai, Perumahan Bumi Praja Residence Tergenang Banjir

15 Mei 2024 - 18:29 WITA

Pemda Konut Terima Bantuan Penanganan Banjir dari BNPB RI

15 Mei 2024 - 11:25 WITA

Trending di Daerah