Menu

Mode Gelap
Eks Presiden BEM UHO Minta Pj Gubernur Selesaikan Polemik Pengalihan Rute Kapal di Perairan Cempedak Jalur Kapal Cepat Kendari-Raha Dikembalikan ke Rute Awal Polisi Tangkap 10 Ton Solar Ilegal Milik Kepala Desa Tak Buka Pendaftaran, PPP Fokus Dorong ASR di Pilgub Sultra Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Nasional · 18 Jun 2023 12:34 WITA ·

Komisi V DPR RI Apresiasi Kinerja Kantor SAR Denpasar


 Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae (kanan) saat bertukar cenderamata usai Kunjungan Spesifik ke Kantor SAR Denpasar. Sumber: dpr.go.id Perbesar

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae (kanan) saat bertukar cenderamata usai Kunjungan Spesifik ke Kantor SAR Denpasar. Sumber: dpr.go.id

PENAFAKTUAL.COM, BALI – Komisi V DPR RI melaksanakan Kunjungan Spesifik ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Kantor SAR Denpasar) / Basarnas Bali, Kamis, 15 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae mengapresiasi kinerja Kantor SAR Denpasar.

Kata Ridwan, Provinsi Bali merupakan daerah yang menjadi pusat wisata nasional Indonesia, baik wisata alam maupun wisata pantainya.

Selain itu, di Bali sering juga diadakan acara-acara nasional dan internasional yang diselenggarakan oleh negara maupun swasta.

Oleh karena itu, keberadaan Badan Pencarian dan Pertolongan sangat strategis dalam rangka keselamatan jiwa baik itu pada kecelakaan, bencana alam maupun kondisi yang membahayakan jiwa lainnya dengan waktu tanggap yang cepat (quick response time), tepat dan selamat.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Utama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Abdul Haris Achadi serta Kepala Kantor SAR Denpasar, Gede Darmada memberikan paparan mengenai kondisi terkini termasuk kinerja dan permasalahan yang ada di Kantor SAR tersebut.

Dari paparan yang disampaikan, Ridwan Bae menilai Basarnas masih menemui kendala dalam jumlah SDM dan alat, khususnya bagi Basarnas yang bertanggung jawab atas kawasan Bali.

Mantan Bupati Muna dua periode itu itu lantas menekankan bahwa sebagai episentrum wisata Indonesia, pemerintah harus menjamin keselamatan setiap wisatawan yang datang.

“Pemerintah masih perlu meningkatkan sumber daya manusianya dan juga masih perlu mengadakan peralatan-peralatan yang memadai. Kita berharap adalah Bali ini jangan ada celah (kecelakaan) saat dikunjungi, artinya saat dikunjungi para wisatawan kita, itu baik domestik maupun luar negeri mereka merasa nyaman terutama soal keselamatan mereka, itu sangat penting,” ujar Legislator Dapil Sultra itu.

Diketahui, kunjungan kerja spesifik merupakan bagian dari pengamalan fungsi pengawasan yang diemban oleh DPR RI. Nantinya hasil dari kunjungan kerja ke Kantor SAR Denpasar ini akan dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) di tingkat pusat.(**)

Sumber: dpr.go.id

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pentingnya Peran Keluarga dalam Mencegah Kejahatan Siber

3 Juni 2024 - 01:12 WITA

Konsep Kearifan Lokal Penting untuk Demokrasi Lingkungan Inklusif

25 Mei 2024 - 21:13 WITA

Revisi UU Penyiaran: Konflik Antara Platform Terestrial dan Digital

25 Mei 2024 - 20:11 WITA

Benteng Kotano Wuna Dapat Rekor MURI, KWR Jabodatabek Ucapkan Selamat ke Presiden PMMI

23 Mei 2024 - 19:14 WITA

Benteng Kotano Wuna Sabet Rekor MURI Sebagai Benteng Terluas di Dunia

23 Mei 2024 - 15:04 WITA

Kapolda Sultra Paparkan Penindakkan Illegal Mining kepada DPR RI

16 Mei 2024 - 09:58 WITA

Trending di Nasional