Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Edukasi · 11 Jul 2023 20:37 WITA ·

Beri Kuliah di Kegiatan Seminar Literasi BEM FISIP UHO, Kajati Sultra Tekankan Mahasiswa Perkuat Karakter


 Kajati Sultra Dr Patris Yusrian Jaya saat memberikan materi di kegitan seminar Literasi BEM FISIP UHO. Foto : Tim
Perbesar

Kajati Sultra Dr Patris Yusrian Jaya saat memberikan materi di kegitan seminar Literasi BEM FISIP UHO. Foto : Tim

PENAFAKTUAL.COM,.KENDARI- Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr Patris Yusrian Jaya menjadi pemateri dalam kegiatan seminar Literasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Selasa 11 Juli 2023.

Kegitan seminar Literasi, dengan tema membangun budaya mahasiswa kritis berbasis literasi di era digital 5.0, di ikuti oleh ratusan mahasiswa Fisip UHO.

Dalam sambutanya Kajati Sultra Dr Patris Yusrian Jaya mengatakan, di era perkembangan jaman saat ini tantangan dan dinamika yang terjadi semakin besar, sehingga pentingnya memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam menghadapi dinamika di tengah-tengah masyarakat.

Mahasiswa kata dia, dituntut bukan hanya harus memiliki kemampuan teoritik semata, namun pentingnya memiliki kemampuan menghadapi gejolak dan dinamika-dinamika ditengah kemasyarakatan.

Untuk ia berpesan kepada para mahasiswa agar memperkuat karakter, baik itu karakter etika, karakter sosial, karakter fisik agar melahirkan para alumni atau sarjana yang benar-benar memiliki kualitas yang handal.

“Dengan karakter yang kuat, maka sarjana yang keluar dari kampus ini, akan menjadi sarjana yang tangguh, sarjana yang militan yang mampu bersaing dengan siapapun, baik dalam proses bersaing mencari kerja maupun bersaing dalam dunia kerja,” ungkapnya.

“Kalaupun bagian dari kita saat ini, merasa belum optimal maka saya minta saat ini, saya ajak mulai hari ini mari, kita memaksimalkan kesempatan sebagai mahasiswa/mahasiswi ini untuk mempersiapkan diri,” pintanya.

Sementara itu, Plt Dekan FISIP UHO Prof Eka Suaib mengaku kegitan seminar Literasi yang di gagas oleh BEM ini, merupakan salah satu wujud program kampus merdeka, merdeka belajar dengan memberikan kesempatan bagi para praktisi membawakan kuliah langsung kepada mahasiswa.

Dirinya berharap kegitan ini, dapat memberikan wawasan dan pemahaman kepada para mahasiswa dalam menghadapi tantangan perkembangan jaman di era globalisasi saat ini.

“Harapan kita, sesuai dengan pesan pa Kajati, hendaknya mahasiswa kita dapat pembekalan diri dengan baik, memanfaatkan organisasi sebagai ketrampilan komunikasi, ketrampilan negosiasi, ketrampilan untuk bekerjasama satu sama lainnya, karena kunci kesuksesan itu, selain di tunjangan kemampuan intelektual juga harus ditunjang kemampuan softskill,” harapnya.

Ketua Panitia kegitan Jordi Aprianto, menjelaskan kegiatan ini sendiri, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa pentingnya memiliki wawasan atau pemahaman Literasi di era digitalisasi.

“Di era digitalisasi saat ini, kita ingin masa-masa kritis itu, atau tindakan kritis gerakannya bisa berbasis literasi,” pungkasnya

TIM

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Momentum Hardiknas 2024, Ini Harapan Aksan Jaya Putra

2 Mei 2024 - 22:16 WITA

Keluarga Besar Gudep Patimura Malahayaty SMPN 1 Loghia Berbagi Paket Sembako

4 April 2024 - 12:50 WITA

Siswa SMK di Sultra Bakal Diajarkan Desain Baju dari Kain Tenun Lokal

3 April 2024 - 17:44 WITA

Peringati Hari Jadi ke-3, Kadin Sultra Gelar Touring Ramadhan Disejumlah Kabupaten

29 Maret 2024 - 16:07 WITA

Buka Pendaftaran Jalur UTBK SNBT, UHO Siapkan Kuota 40 Persen

25 Maret 2024 - 23:23 WITA

Dukung Literasi Keuangan, PT Akulaku Finance Indonesia Edukasi Mahasiswa UHO

24 Februari 2024 - 09:01 WITA

Trending di Edukasi