Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Nasional · 31 Jan 2024 22:27 WITA ·

Beri Kontribusi Nyata Misi Perdamaian, UNMISS Beri Penghargaan Puluhan Personel Polri


 Sebanyak 33 personel Polri yang bertugas sebagai Individual Police Officer (IPO) diberikan penghargaan oleh United Nations Mission in South Sudan. Foto: Istimewa Perbesar

Sebanyak 33 personel Polri yang bertugas sebagai Individual Police Officer (IPO) diberikan penghargaan oleh United Nations Mission in South Sudan. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, SUDAN – Otoritas Misi Pemeliharaan Perdamaian United Nations Mission in South Sudan (UNMISS) memberikan penghargaan kepada 33 personel Polri yang bertugas sebagai Individual Police Officer (IPO). Penghargaan diterima oleh Kadiv Hubinter Irjen Pol Krisna Murti dan empat delegasi, dan disaksikan Senior Liaison Officer pada perwakilan Indonesia untuk PBB.

Police Commissioner Christina Fossen menyampaikan apresiasi atas kehadiran delegasi Polri yang dipimpin Kadiv Hubinter ke daerah misi. Diakuinya, prestasi dan kinerja personel Polri di daerah misi sangat mempengaruhi kontribusi mereka bagi UNMISS.

“Seluruh UNPOL Indonesia pada UNMISS telah memberikan kontribusi nyata,” ungkapnya dalam sambutan di Payam UN House, Juba Sudan Selatan, Rabu, 31 Januari 2024 waktu setempat.

Menurutnya, pencapaian UNPOL Indonesia bagi UNMISS cukup krusial, baik pada bidang admisitrati, pengembangan kapasitas terutama pada bidang operasional, seperti persiapan UNMISS mendukung pemilu yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Sudan Selatan.

Para personel Polri, ujarnya, telah meraih prestasi menjadi tester bagi para calon peacekeepers dari negara kontributor, membantu evakuasi korban jiwa pada saat konflik antara suku di Malakal pada 28 Mei 2023, melakukan pelatihan/workshop kepada polisi lokal, menyita ratusan pucuk senpi dan sajam milik warga sipil.

Selain itu, memimpin cordon and search dengan target ratusan liter Marisa (Minuman lokal) mariyuana, perintis “Peace Begin with me”, program kampanye perdamaian antar suku yang bertikai, sampai dengan membangun sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat lokal, bahkan hingga memberikan sumbangan alat-alat olahraga kepada masyarakat lokal.

Selain prestasi di bidang lapangan, ungkapnya, prestasi yang tidak kalah pentingnya di antaranya dibidang perencanaan, perencana operasi misi, pengembangan kapasitas kepolisian local, audit internal, pengelolaan sumber daya manusia, staf ahli Pimpinan Otoritas Misi.

Bahkan, Christine sangat mengapresiasi kesetaraan gender pengiriman personel Polri yang menjadi IPO di misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Kadivhubinter Polri menyampaikan  terima kasih kepada Otoritas Misi yang telah memberikan penghargaan kepada personel Polri. Ia menegaskan, semua yang dijalankan personelnya searah dengan bentuk persiapan yang dilakukan melalui latihan untuk memastikan kualitas personel dan memenuhi persyaratan kemampuan bagi UNPOL di daerah misi.

“Komitmen Indonesia dalam berkontribusi pada Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB sangat serius dan mempersiapkan personel sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di misi,” ungkap Kadiv Hubinter.(hus)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pemerintah Harus Bongkar Dugaan Kartel Penyebab Harga Beras Naik

22 Februari 2024 - 22:07 WITA

Kadiv Humas Tekankan Pentingnya Peran Kehumasan

22 Februari 2024 - 20:00 WITA

Hak Angket untuk Kecurangan Pemilu Dinilai Tidak Tepat

22 Februari 2024 - 15:28 WITA

Gus Baha Apresiasi Polri Wujudkan Pemilu Aman dan Damai

22 Februari 2024 - 08:55 WITA

Pasca Pemilu, Habib Syech Ajak Masyarakat Jaga Persatuan demi NKRI

21 Februari 2024 - 17:06 WITA

Jor-joran Bansos Diduga Penyebab Beras Langka dan Mahal

18 Februari 2024 - 14:27 WITA

Trending di Nasional