Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Hukrim · 14 Des 2022 05:47 WITA ·

Soal Kebiadaban KKB Papua, Aktivis Sultra Minta Pemerintahan Pusat Bersikap Tegas


 Irwan Sangia, salah satu aktivis asal Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa
Perbesar

Irwan Sangia, salah satu aktivis asal Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KENDARI – Akhir-akhir ini warga negara Indonesia terkhusus warga Sulawesi Tenggara(Sultra) digegerkan dengan adanya tragedi kebiadaban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang kembali berulah dan memakan korban jiwa.

Ada 3 orang yang menjadi korban kekejaman KKB Papua kali ini. Tiga korban tersebut berasal dari Kabupaten Muna dan Muna Barat Provisi Sultra yang merantau di tanah Papua untuk mencari nafkah demi kebutuhan keluarganya.

“Kami dapatkan barita duka bahwa ada tiga saudara kami, orang tua kami sebagai perantauan mencari nafkah di tanah Papua telah gugur menjadi korban dari kebiadaban oleh kelompok kriminal bersenjata Papua di Kabupaten Pegunungan Bintang Oksibil Papua pada hari Senin, 5 Desember 2022″, ungkap salah satu aktivis Sultra, Irwan Sangia.

Dengan adanya peristiwa ini, ia meminta kepada pemerintah pusat untuk bersikap tegas dan jangan terdiam seakan menutup mata atas insiden yang menimpa tiga nyawa warga sipil perantauan asal kabupaten Muna dan Muna Barat itu.

“Kami tekankan kepada pihak pemerintah pusat terkhusus Presiden RI, Menkopolhukam, Menhan, Panglima TNI,dan Kapolri untuk segera melakukan penindakan secara serius, sebab kebiadaban KKB Papua semakin memanas dan merajalela, hal ini tentu akan mengancam keselamatan warga dan perantauan yang mencari nafkah di tanah Papua”, tegas alumni FISIP UHO itu.

Tragedi tersebut, lanjut Irwan, bukan pertama kalinya terjadi di tanah Papua bahkan sudah banyak korban yang berjatuhan akibat serangan bersenjata dari KKB Papua. Hal ini, kata Irwan, menunjukkan lemahnya sikap pemerintahan pusat dalam melakukan penanganan terhadap kelompok separatis atau KKB Papua.

Olehnya itu, ia berharap agar pemerintahan pusat lebih tegas dan serius dalam pemberantasan KKB Papua sehingga warga sipil bisa hidup aman, damai dan tentram di Tanah Papua tanpa ada lagi ancaman dari kelompok separatis atau KKB Papua.

Penulis: Husain

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Diduga Manipulasi Laporan Pajak, Bos PT RMI Ditetapkan Tersangka

23 April 2024 - 17:37 WITA

Terungkap Skenario Pembunuhan Mertua di Kendari oleh Menantunya Sendiri

17 April 2024 - 11:45 WITA

Pria Mabuk di Muna Diduga Aniaya Nenek 72 Tahun

16 April 2024 - 14:28 WITA

Polisi Lidik Dana Stunting pada DPPKB Muna TA 2023

4 April 2024 - 22:45 WITA

Soal Oknum Anggotanya Ketapel Tahanan Kasus Pencabulan Anak, Begini Penjelasan Kapolsek Baruga

2 April 2024 - 11:41 WITA

AP2 Sultra Beberkan Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Oknum Pejabat dan Dua Caleg Terpilih di Bombana

31 Maret 2024 - 21:48 WITA

Trending di Hukrim