Menu

Mode Gelap
Rudapaksa Anak Dibawa Umur, Bendahara PT TMS Ditangkap Polisi Bocah di Muna Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Laut Waspada Penipuan Whatsapp, Ini Modus Terbaru 2024 Sidang Tipikor PT Antam, Hakim Minta JPU Hadirkan Eks Gubernur Sultra Sosok Jenderal yang Sederhana dan Rendah Hati itu Telah Berpulang

Daerah · 8 Nov 2023 13:31 WITA ·

Pelaporan PT WIN di Kementerian ESDM dan KLHk Dinilai Tidak Berdasar


 Wakil Ketua KNPI Bidang Hukum dan HAM Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Samsuddin. Foto: Istimewa Perbesar

Wakil Ketua KNPI Bidang Hukum dan HAM Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Samsuddin. Foto: Istimewa

PENAFAKTUAL.COM, KONSEL – Beberapa waktu lalu, PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) dilaporkan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) oleh Ketua Bidang Politik DPP KNPI, Midun Makati.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua KNPI Bidang Hukum dan HAM Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Samsuddin, mengatakan bahwa aduan tersebut tidak berdasar dan dinilai tidak mencukupi alat bukti. Sebab, dalam laporan tersebut hanya melampirkan video dan foto-foto yang dikirimkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Sebab patut diketahui bahwa Midun Makati ini tidak pernah ke lokasi secara langsung dan tidak mempunyai kajian seperti yang dia laporkan,” ujar Samsuddin yang Kuasa Hukum PT WIN, Rabu 8 November 2023.

Samsuddin mengatakan bahwa pelapor diketahui saat ini sedang menempuh pendidikan S2 hukum di Jakarta sehingga tidak pernah turun ke lokasi secara langsung untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi.

“Masyarakat yang hari ini mengaku dirugikan sebenarnya tidak dirugikan sebab yang pertama adalah mereka bukan pemilik atas lahan yang akan ditambang oleh perusahaan dan yang kedua bahwa antara lokasi penambangan dan masyarakat ini yang 8 orang adalah cukup jauh rumahnya,” beber Samsuddin.

Untuk itu, menurut Samsuddin, apa yang dilaporkan oleh rekan KNPI di Kementerian ESDM dan KLHK adalah tidak benar.

“Justru kami dari DPD KNPI Kabupaten Konawe Satan setelah ke lapangan melihat adanya kepentingan-kepentingan yang tidak terakomodir oleh perusahaan yang berujung dengan dikorbankannya masyarakat yang tidak mengetahui duduk persoalan yang sesungguhnya,” kata Samsuddin.

“Jadi apa yang di laporkan oleh pelapor  saudara Midun Makati adalah mengada-ada alias tidak benar sebab KNPI Kabupaten Konawe Selatan tidak menemukan seperti apa yang di laporkan oleh saudara Midun Makati,” tegasnya.

Pihaknya juga menuturkan bahwa PT WIN telah melaksanakan rekomendasi Pemda Konsel dan selalu berkomitmen menaati dan mematuhi regulasi yang berlaku.

“Perusahan juga telah melaksanakan rekomendasi Bupati Konawe Selatan, dan  PT WIN selalu berkomitmen menaati dan mematuhi regulasi yang berlaku,” tutupnya.(**)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Fadhal Rahmat: Hujan Deras Bukan Menjadi Penghalang untuk Tetap Berbagi

9 April 2024 - 17:16 WITA

Kapolresta dan KSOP Kendari Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Nusantara

6 April 2024 - 16:40 WITA

Ketua PPP dan Gerindra Sultra Buka Puasa Bersama, Sinyal untuk Koalisi Pilgub 2024?

6 April 2024 - 13:36 WITA

Rajiun Tumada Target Partai Demokrat pada Perhelatan Pilkada Muna 2024

6 April 2024 - 00:42 WITA

Keuangan Muna Dianggap Defisit, Banggar DPRD Usul Perampingan OPD Saat RDP dengan TAPD

5 April 2024 - 20:20 WITA

Ketua RT/RW di Kelurahan Benuanirae Keluhkan Insentif Belum Dibayar

5 April 2024 - 17:30 WITA

Trending di Daerah